Ini Profil Kader Terpilih yang Diusung PDI Perjuangan di Pilkada 2018

Sudah melalui pertimbangan sangat matang

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) secara resmi mengumumkan nama-nama pasangan calon gubernur dan wakil gubernur, yang akan maju dalam pemilihan kepala daerah di  Papua, Maluku Utara, Nusa Tenggara Barat dan Lampung.

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri mengatakan, PDI Perjuangan telah memilih calon-calon yang diusung dengan melalui pertimbangan matang.

"Sejak awal saya sudah menyatakan, tidak ada kamus mencari orang bagi PDI Perjuangan, melainkan menjadikan orang sebagai calon pemimpin. Mudah-mudahan calon ini dapat memimpin wilayahnya masing-masing dengan baik," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Jakarta.

Baca juga: Jelang Pilkada Jawa Barat, Ini yang Dilakukan Golkar dan PDI Perjuangan

1. Papua

Ini Profil Kader Terpilih yang Diusung PDI Perjuangan di Pilkada 2018ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Untuk wilayah Papua, PDI Perjuangan memilih John Wempi Wetipo. Menurut Megawati, petahana Bupati Jayawijaya ini, dapat menjadi gubernur yang baik. .Mengingat pernah mendapatkan penghargaan dari komisi pemberantasan korupsi (KPK) terkait laporan kekayaan penyelenggara negara.

Selain itu, juga memperoleh penghargaan dari Kemenkeu dan BPK terkait pengelolaan keuangan Kabupaten Jayawijaya.

Kemudian, untuk posisi calon Wakil Gubernur Papua PDIP memilih Habel Melkias Suwae. Megawati menjelaskan, mantan Bupati Jayapura ini pernah menjadi guru dasar selama tiga tahun.

Selain itu, Melkias juga menjadi Kepala Seksi Pembinaan Umum dan Masyarakat Kantor Sosial Kabupaten Jayapura. Karena debut dan reputasinya bagus, Melkias diangkat sebagai Kabag Humas Kabupaten Jayapura hingga terpilih sebagai Ketua DPRD Kabupaten Jayapura.

Baca juga: Ketua DPP: PDI Perjuangan Tak Akan Padam Jika Ditinggalkan Emil 

2. Maluku Utara

Ini Profil Kader Terpilih yang Diusung PDI Perjuangan di Pilkada 2018ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

PDIP memilih KH. Abdul Ghani Kasuba sebagai calon gubernur Maluku Utara. Dimana yang bersangkutan merupakan Gubernur terpilih Maluku Utara pada 2013.

Sebelum menjadi gubernur, dia menjabat sebagai Wakil Gubernur Maluku Utara dan DPR RI dari Dapil Maluku Utara.

Sementara itu, posisi calon wakil gubernur adalah Al Yasin Ali. Bupati Halmahera Tengah dua periode ini, aktif menggiatkan peningkatan ideologi Pancasila, melawan terorisme dan miras serta narkoba.

Ali juga giat mendorong infrastruktur, memprioritaskan pembangunan di bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, perkebunan dan kelautan.

Baca juga: Ini Komentar Politikus Golkar dan PDI Perjuangan Terkait Setya Novanto

3. Nusa Tenggara Barat

Ini Profil Kader Terpilih yang Diusung PDI Perjuangan di Pilkada 2018ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

PDI Perjuangan memilih Tuan Guru Haji Ahyar Abduh sebagai calon gubernur Nusa Tenggara Barat. Ahyar merupakan Wali Kota Mataram sejak 2010 hingga saat ini.

Sebelum menjadi pejabat publik, Abduh berkarir sebagai Ketua DPRD Kota Mataram pada 2004-2005. Aktivis NU ini juga merupakan putera ulama besar Tuan Guru Haji Abdul Hanan, yang mempunyai garis keturunan penyebar agama Islam di Lombok.

Sementara itu, posisi Wakil Gubernur adalah Mori Hanafi, Wakil Ketua DPRD Provinsi NTB. Pria lulusan perguruan tinggi di Australia ini, mampu berbahasa inggris dengan fasih. Sehingga menjadi pintu gerbang untuk berkomunikasi dengan siapa pun di dunia ini.

Baca juga: Jokowi Jadi Magnet Terkuat dari PDI Perjuangan

4. Lampung

Ini Profil Kader Terpilih yang Diusung PDI Perjuangan di Pilkada 2018ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Calon Gubernur Lampung daari PDI Perjuangan ditujukan kepada Herman Hasanusi. Pria yang memiliki pengalaman hidup sederhana ini diyakini bisa menjadi pemipmppin di Lampungnnanti.

Menurut Herman, kekayaan terbesar adalah kesederhanaan, kesabaran dan kasih sayang.

Sementara itu, posisi Wakil Gubernur jatuh pada Ir. Sutono yang menjabat sebagai Sekretaris Daerah Provinsi Lampung.

Menurut Megawati, sosok Sutono sangat mengenal birokrasi dan paham tata kelola pemerintahan.

Baca juga: Gerindra Geser PDI Perjuangan di Elektabilitas Partai Versi Orkestra

Topik:

Berita Terkini Lainnya