Amankan Natal di Gereja Katedral Jakarta, 106 Personel Aparat Keamanan Diturunkan

Semoga Natal berjalan aman dan nyaman

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia telah menyiagakan personelnya di beberapa lokasi jelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

Satu di antaranya terlihat Santa Maria Pelindung Diangkat Ke Surga, De Kerk van Onze Lieve Vrouwe ten Hemelopneming atau yang biasa disebut dengan Gereja Katedral Jakarta. 

Baca juga: Bantu Polri Amankan Natal dan Tahun Baru, TNI Siapkan 80 Ribu Pasukan

1. 106 Personel gabungan bersiaga

Amankan Natal di Gereja Katedral Jakarta, 106 Personel Aparat Keamanan Diturunkan IDN Times/Fitang Adhitia

106 personel aparat keamana gabungan dikerahkan untuk berjaga-jaga disekitar gereja terbesar di Indonesia.

"Untuk di Katedral sendiri, saat ini dipersiapkan 106 personel. Didalamnya merupakan gabungan baik dari Polsek, Polres serta diperkuat dari Brimob dan instansi terkait lainnya," ujar Kabag Dalops Polda Metro Jaya, Akbp Victor Togi Tambunan di Gereja Katedral, Jakarta Pusat, Sabtu (23/12).

Pengaman ini, terbilang sangat penting dan serius demi terciptanya rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang akan melakukan ibadah di Gereja Katedral ini.

"Terkait dengan pengamanan misa natal, Polri serius untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat yang khususnya akan melaksanakan ibadah natal nanti,"jelasnya. 

Baca juga: Atasi Kemacetan Lalu Lintas Jelang Natal, Polri Lakukan 3 Strategi Ini

2. Polri gelar operasi lilin 2017

Amankan Natal di Gereja Katedral Jakarta, 106 Personel Aparat Keamanan Diturunkan IDN Times/Fitang Adhitia

Polri menggelar operasi lilin demi memberikan kelancaran berbagai kegiatan masyarakat yang akan melakukan ibadah maupun liburan di momen Hari Raya Natal dan pergantian Tahun. 

Dan yang menjadi perhatian Polri adalah, melakukan pengamanan di tempat-tempat ibadah dan tempat wisata serta jalur-jalur yang digunakan masyarakat untuk menuju kawasan tersebut.

"Di operasi lilin ini, yang menjadi perhatian serius Polda Metro adalah pengamanan di tempat-tempat ibadah, jalur-jalur yang dipakai masyarakat seperti tol maupun jalur-jalur lain, hingga tempat berkumpulnya masyarakat. Seperti tempat wisata dan lainnya,"jelasnya. 

Baca juga: Polri: Aksi Sweeping Atribut Natal Melanggar Hukum

3. Polri imbau masyarakat jaga toleransi umat beragama

Amankan Natal di Gereja Katedral Jakarta, 106 Personel Aparat Keamanan Diturunkan IDN Times/Fitang Adhitia

Polri juga mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk sama-sama saling menjaga keamanan dan kenyaman saat berlangsungnya perayaan Natal.

"Kepada masyarakat lain, mari kita bersama-sama mewujudkan toleransi beragama dan rasa nyaman khususnya bagi mereka yang ingin menunaikan ibadah natal,"jelasnya lagi.

Baca juga: Natal dan Tahun Baru, Gus Ipul Jamin Jatim Aman

4. Bawa barang yang diperlukan saja 

Amankan Natal di Gereja Katedral Jakarta, 106 Personel Aparat Keamanan Diturunkan IDN Times/Fitang Adhitia

Sedangkan, bagi masyarakat yang akan melakukan perayaan natal di gereja, Polri juga menghimbau agar membawa barang seperlunya saja. 

"Bagi masyarakat yang akan melakukan misa, tentunya akan masuk kedalam gereja dilakukan pemeriksaan. Oleh karena itu, bawa barang yang diperlukan saja,"tutupnya.

Baca juga: Sterilisasi Gereja Jelang Natal, 250 Ribu Aparat Keamanan Dikerahkan

Topik:

Berita Terkini Lainnya