Atasi Kemacetan Lalu Lintas Jelang Natal, Polri Lakukan 3 Strategi Ini

Polri terapkan buka tutup jalan

Jakarta, IDN Times - Menjelang perayaan Hari Natal dan Tahun Baru, Polri dan stakeholder lainnya. akan mengerahkan 250 ribu aparat keamanan di seluruh Indonesia.

Tak hanya mengamankan gereja dan mengerahkan satgas rumah kosong, Polri juga memastikan kelancaran lalu lintas slama musim liburan tersebut.  

Baca juga: Hal Ini yang Dilakukan Pemerintah untuk Mengatasi Kemacetan Jakarta

1. Tiga fokus pengamanan Polri

Atasi Kemacetan Lalu Lintas Jelang Natal, Polri Lakukan 3 Strategi IniIDN Times/Indiana Malia

Kabag Penum Mabes Polri Kombes Pol Martinus Sitompul mengatakan, ada tiga fokus polri terkait  pengamanan Natal dan Tahun Baru.

"Pertama, soal keamanan ketertiban masyarakat atau yang kita ketahui soal kriminalitas. Kedua, keamanan keselamatan ketertiban dan kelancaran lalu lintas. Ketiga, memonitor bencana alam seperti tanah longsor dan banjir. Ini yang menjadi perhatian pihak polri," kata Martinus di Mabes Polri, Jumat (23/12).

Baca juga: Begini Cara Polisi Atasi Banjir dan Kemacetan di Jakarta

2. Terjadi kepadatan di Jalan Tol Cipularang

Atasi Kemacetan Lalu Lintas Jelang Natal, Polri Lakukan 3 Strategi IniANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Jalan Tol Cipularang (Cikampek - Purwakarta - Padalarang) adalah jalan tol yang menghubungkan kabupaten Purwakarta dan Bandung.

Menurut Martinus, menjelang Natal jalan tol tersebut sudah mulai padat. "Kami dapat laporan, terjadi kepadatan di Cipularang. Dan tentu kami sudah diberi satu keleluasaan dari Jasamarga untuk mengelola jalan, khususnya jalan tol ini," ujar Martinus. 

Dengan demikian, lanjut Martinus, polri dapat membuka, menutup, atau bahkan menggratiskan satu ruas jalan tertentu apabila terdapat kepadatan yang ditimbulkan oleh pembayaran tol.

3. Korlantas terapkan buka tutup jalan

Atasi Kemacetan Lalu Lintas Jelang Natal, Polri Lakukan 3 Strategi IniANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

Menurut Martinus, pihak Korlantas Polri juga telah membagi beberapa titik di sepanjang jalur tol pantura untuk mengatur buka tutup jalan. 

"Saat ini memang terjadi kepadatan. Selain Cipulrang, kepadatan juga terjadi di Cikarang Utama sampai wilayah Cikampek. Kemarin dua sisi dari arah Bandung juga demikian (padat), ada yang sampai perjalanan hampir 5-7 jam," tuturnya.

Baca juga: Antisipasi Kemacetan Natal Dan Tahun Baru, Ini 3 Strategi Polisi

Topik:

Berita Terkini Lainnya