Antisipasi Kemacetan Natal Dan Tahun Baru, Ini 3 Strategi Polisi

Semoga tidak terjadi kemacetan parah

Jakarta, IDN Times - Wadirlantas Polda Metro Jaya, AKBP Nurhandono, menyampaikan bahwa koordinasi terkait lalu lintas menjelang Natal dan Tahun Baru 2018 sudah dilaksanakan. Berikut 3 hal yang jadi perhatian kepolisian terkait lalu lintas selama libur panjang.

Baca juga: Polda Metro Jaya Gelar Operasi Pasar Daging Murah, Catat Lokasinya

1. Pengamanan jalur mudik

Antisipasi Kemacetan Natal Dan Tahun Baru, Ini 3 Strategi PolisiANTARAFOTO/Yulius Satria Wijaya

Polda Metro Jaya memprediksi Jumat (22/12) akan jadi puncak arus mudik. Menyiasati ini, Nurhandono telah melaksanakan rapat koordinasi.

"Kami sudah melakukan rapat koordinasi lintas sektoral terkait  masalah pengalihan arus. Untuk arus mudik sendiri kita fokuskan pengamanan di jalan tol yang mengarah ke luar Jakarta, baik itu ke arah Cikampek sampai ke Merak. Kami akan melakukan pengamanan disana," ujarnya kepada rekan wartawan, Rabu (20/12).

"Untuk prediksi, pada saat mudik semua akan turun bersama kendaraan, semua akan bertemu di jalan tol ke arah luar Jakarta ya. Prediksi ada 10 ribu kendaraan yang keluar kota," tambahnya saat ditanya terkait titik kemacetan dan estimasi kendaraan yang meninggalkan ibu kota. 

Selain itu, ungkap Nurhandono, pos-pos pelayanan dan pengamanan juga sudah disiapkan khusus sepanjang arah keluar Jakarta bagi mereka yang ingin keluar kota. 

2. Pengamanan objek wisata

Antisipasi Kemacetan Natal Dan Tahun Baru, Ini 3 Strategi PolisiANTARAFOTO

Objek wisata kerap menjadi tempat berkumpulnya massa menjelang tahun baru. Pengamanan turut diperketat di titik ini. 

"Untuk pengamanan tahun baru sendiri, kami ada beberapa objek wisata yang dipusatkan untuk tempat keramaian, seperti di Ancol, Monas, Bundaran HI, dan Ragunan. Itu beberapa titik yang tentunya sudah kami koordinasikan dengan pemangku kepentingan yang lain untuk melaksanakan kegiatan pengaturan," paparnya.

3. Polda Metro Jaya siapkan 1200 lebih personil keamanan

Antisipasi Kemacetan Natal Dan Tahun Baru, Ini 3 Strategi PolisiANTARAFOTO/Galih Pradipta

Tambahan aparat kepolisian penting guna mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. 

"Untuk arus mudik, kami sudah persiapkan 1200 sekian personel untuk melakukan pengamanan arus mudik malam tahun baru," bebernya.

Pihak kepolisian terus berkoordinasi dengan dinas pemerintahan dan dishub tentang pengamanan acara yang akan diselenggarakan saat perayaan Natal dan Tahun Baru.

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya