Olimpiade Musim Dingin, Girl Band Korut Akan Manggung di Korsel

Mereka dilarang menyanyikan lagu-lagu propaganda.

Pyongyang, IDN TimesGirl band asal Korea Utara bernama Moranbong Band dilaporkan bergabung dalam kontingen atlet serta pemandu sorak negara untuk tampil di Olimpiade Musim Dingin di Korea Selatan. Ini adalah langkah lanjutan usai sebelumnya delegasi kedua negara bertemu untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun.

Moranbang Band adalah grup yang dibentuk sendiri oleh Kim Jong-un pada 2012. Mereka juga merupakan grup favorit pemimpin Korea Utara tersebut. Dalam berbagai penampilan Moranbang Band, para anggotanya selalu memakai kostum militer.

1. Leader Moranbong Band hadir dalam pertemuan tersebut

Olimpiade Musim Dingin, Girl Band Korut Akan Manggung di Korsel AFP Photo/KCNA via KNS

Seperti dilaporkan CNN, spekulasi mengenai kehadiran Moranbong Band di ajang Olimpiade Musim Dingin yang akan diselenggarakan di Pyeongchang, Korea Selatan, dimulai ketika leader grup tersebut, Hyon Song Wol, hadir dalam pertemuan antara dua negara. Ia terlihat datang bersama empat delegasi Korea Utara dengan mengenakan setelan berwarna biru. 

Baca juga: Media Korea Utara Klaim Kim Jong-un Bisa Kendalikan Cuaca

2. Mereka dilarang membawakan lagu-lagu propaganda

Olimpiade Musim Dingin, Girl Band Korut Akan Manggung di Korsel AP via Japan Times

Sebagai grup musik yang dibentuk pemerintah, mereka seringkali menyanyikan lagu-lagu yang memuja Korea Utara dan Kim Jong-un. Salah satu lagunya bahkan menyebutnya memiliki "senyum manis". Sebuah lagu mereka memiliki lirik:"Bagaimana bisa ia begitu baik. Aku tak punya pilihan selain terlena olehnya dan hatinya yang hangat."

Namun, kabarnya Moranbang Band tidak diizinkan untuk menyanyikan lagu-lagu seperti itu. Salah satu penyebabnya adalah kekhawatiran meningkatnya tensi lebih buruk antara kedua negara.

"Jika para anggota Moranbong Band, yang semuanya berpakaian militer formal, datang ke Korea Selatan dengan seragam militer, ini bisa menyebabkan ketidaknyamanan di kalangan warga Korea Selatan. Bahkan akan ada kontroversi lebih besar jika ada pemujaan terhadap Kim Jong-un atau peluncuran rudal yang dinyanyikan di atas panggung selama mereka tampil," ujar Cheong Seong-chang, seorang analis dari Sejong Institute di Seoul kepada The Guardian.

3. Selain Moranbong Band, Korea Utara juga mengirimkan kelompok orkestra

Olimpiade Musim Dingin, Girl Band Korut Akan Manggung di Korsel AFP Photo/KCNA via KNS

Dalam pembicaraan yang dilakukan minggu lalu, Korea Utara juga mengumumkan akan mengirimkan kelompok orkestra Samjiyon Band ke Olimpiade Musim Dingin. Dibentuk pada 1969, kelompok tersebut sangat dihormati di Korea Utara.

Dikutip dari BBC, pemerintah Korea Utara mengatakan, mereka memainkan bagian penting dalam membangun persahabatan dengan negara-negara asing. Selama ini, selain memainkan lagu-lagu klasik, Samjiyon Band juga membawakan komposisi yang menjunjung tinggi nama Kim Jong-un serta Korea Utara.

Baru ada dua atlet Korea Utara yang berhasil masuk kualifikasi Olimpiade Musim Dingin-yaitu Ryom Tae-ok dan Kim Ju-sik yang merupakan atlet seluncur indah. Meski hanya ada sedikit atlet, tapi keikutsertaan Korea Utara pada ajang ini dipandang sebagai langkah baik untuk mengurangi tensi di Semenanjung Korea.

Baca juga: Korea Utara Pecat Tentara, Korea Selatan Justru Beri Medali

Topik:

Berita Terkini Lainnya