10 Orang Main Kuis Facebook, Data 63.714 Pengguna Bocor

Facebook tengah mendapat sorotan terkait ketidakmampuan melindungi data pengguna.

Wellington, IDN Times - Facebook mulai mengirimkan notifikasi kepada sejumlah pengguna platform itu terkait kebocoran data yang melibatkan Cambridge Analytica. Dilaporkan The Guardian, Facebook menduga ada 63.714 orang Selandia Baru yang terkena dampaknya.

1. Jumlah itu bermula dari 10 orang saja

10 Orang Main Kuis Facebook, Data 63.714 Pengguna Bocorunsplash.com/William Iven

Komisi privasi internet Selandia Baru, John Edwards, dihubungi oleh Facebook untuk memberitahu bahwa ada 10 warga negaranya yang mengunduh dan memakai sebuah aplikasi kuis buatan Aleksandr Kogan.

Dari 10 orang itu, kemungkinan besar ada data milik 63.714 lainnya yang bocor ke tangan Kogan dan kemudian ia serahkan kepada Cambridge Analytica. Sebab aplikasi Kogan juga mampu mengakses informasi milik teman-teman Facebook dari 10 pengguna itu. Totalnya pun jadi 63.724 orang.

Baca juga: Testimoni Zuckerberg Soal Cambrige Analytica dan Intervensi Rusia

2. Pejabat Selandia Baru menyayangkan mengapa Facebook baru bertindak sekarang

10 Orang Main Kuis Facebook, Data 63.714 Pengguna Bocorunsplash.com/Tim Bennett

Meski Facebook mengaku akan bekerja sama dengan Selandia Baru terkait kebocoran data itu, tapi Edwards sudah lebih dulu kecewa dan memutuskan menghapus akun Facebook pribadinya. Dia pun mengajak masyarakat untuk melakukan hal serupa.

"Aku sebenarnya cukup khawatir dengan adanya informasi [dari Facebook]. Kejadiannya sudah empat tahun lalu. Mereka tahu Cambridge Analytica memakai taktik itu dua tahun lalun, tapi kita baru benar-benar melihat Facebook mengonfrontasi masalah ini sekarang," katanya.

3. Zuckerberg hadir di hadapan Kongres Amerika Serikat

10 Orang Main Kuis Facebook, Data 63.714 Pengguna Bocorfacebook.com/Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg memenuhi permintaan Kongres Amerika Serikat untuk hadir di Capitol Hill pada Selasa waktu setempat (10/4). Ia diharapkan menjelaskan mengapa ada kebocoran data yang kemudian disalahgunakan oleh Cambridge Analytica.

Satu jam sebelum ia masuk ke ruang rapat dengar pendapat, Zuckerberg menulis status: "Aku akan melakukan segala yang aku bisa untuk membuat Facebook menjadi tempat di mana semuanya bisa dekat dengan orang yang mereka pedulikan, dan memastikan ini adalah kekuatan positif di dunia."

Baca juga: Data 87 Juta Pengguna Facebook Bocor, Mark Zuckerberg Enggan Mundur

Topik:

Berita Terkini Lainnya