Daftar Kandidat Pengisi Kabinet Donald Trump yang Akan Memerintah AS

Pemimpin baru negeri Paman Sam

Sejumlah nama calon pengisi kabinet pemerintahan presiden terpilih Donald Trump akhirnya terungkap. Ada yang menarik dari pencalonan tersebut karena ada sosok calon presiden pada Pemilu 2012 Mitt Romney yang terpilih menjadi calon menteri luar negeri. Kabinet Trump ini nantinya akan terbentuk sebelum Trump dilantik pada 20 Januari tahun depan.

Daftar Kandidat Pengisi Kabinet Donald Trump yang Akan Memerintah ASMark Kauzlarich/Reuters ANTARA FOTO

Dikutip NBC News, (19/11), seorang pejabat senior Trump mengungkapkan bahwa posisi penasihat keamanan nasional yang di Amerika Serikat sangat penting, akan ditawarkan kepada Letjen purnawirawan Michael Flynn.

Pada minggu pekan lalu Trump juga sudah mengumumkan bahwa dia telah menunjuk Ketua Komisi Nasional Republik Reince Priebus sebagai Kepala Staf Gedung Putih, sedangkan Stephen Bannon, bekas bos laman konservatif Breitbart News menjadi kepalah strategis dan penasihat seniornya.

Kandidat pengisi kabinet Donald Trump.

Daftar Kandidat Pengisi Kabinet Donald Trump yang Akan Memerintah ASMike Segar/Reuters ANTARA FOTO

Untuk kabinet menteri keuangan akan diisi oleh Steven Mnuchin yang merupakan mantan eksekutif Goldman Sachs Group Inc dan kepala finansial tim kampanye Trump. Ada juga Jeb Hensarling, anggota DPR dari daerah pemilihan Texas dan kepala Komite Anggaran dan Keuangan DPR AS. Lalu Jamie Dimon, CEO JPMorgan Chase & Co, dan Tom Barrack, pendiri dan ketua Colony Capital Inc.

Untuk menteri luar negeri akan diisi oleh Mitt Romney, calon presiden pada Pemilu 2012 dan mantan gubernur Massachusetts. Kemudian ada Rudy Giuliani, mantan wali kota New York. Lalu ada Nikki Haley, gubernur South Carolin. Kemudian Jeff Sessions, Senator dari Alabama dan pendukung awal Trump, anggota Komisi Angkatan Bersenjata Senat. Ada juga John Bolton, mantan duta besar AS untuk PBB pada masa Presiden George W. Bush. Lalu Bob Corker, Senator dari Tennessee dan kepala Komisi Hubungan Luar Negeri Senat dan Zalmay Khalilzad, mantan duta besar AS untuk Irak

Daftar Kandidat Pengisi Kabinet Donald Trump yang Akan Memerintah ASCarlo Allegri/Reuters via ANTARA FOTO

Baca Juga: Tiongkok Blokir Kata "Kim Si Gemuk yang Ketiga" dari Internet. 

Untuk menjaga ketahanan Amerika Serikat akan dipilih menteri pertahanan antara lain Jeff Sessions, Senator dari Alabama dan salah seorang pendukung awal Trump, anggota Komisi Angkatan Bersenjata Senat. Kemudian  Tom Cotton, Senator dari Arkansas. Lalu Jon Kyl, mantan senator dari Arizona. Kemudian, Duncan Hunter, anggota DPR dari California dan salah seorang pendukung awal Trump, anggota Komisi Angkatan Bersenjata DPR. Selanjutnya, Jim Talent, mantan senator Missouri yang pernah bertugas pada Komisi Angkatan Bersenjata Senat, dan Kelly Ayotte, senator New Hampshire dan anggota Komisi Angkatan Bersenjata Senat

Untuk menteri kesehatan akan diisi oleh Tom Price, anggota DPR dari Georgia yang juga dokter bedah ortopedik. Kemudian Rick Scott, gubernur Florida. Lalu Rich Bagger, bekas eksekutif perusahaan farmasi dan bekas pembantu dekat Gubernur New Jersey Chris Christie, dan Bobby Jindal, bekas gubernur Louisiana

Daftar Kandidat Pengisi Kabinet Donald Trump yang Akan Memerintah ASKevin Lamarque/Reuters via ANTARA FOTO

Untuk menteri keamanan dalam negeri terdapat nama Michael McCaul, anggota DPR dari daerah pemilihan Texas dan kepala Komisi Keamanan Dalam Negeri DPR. Lalu David Clarke, kepala kepolisian Milwaukee dan pendukung fanatik Trump. Kemudian Joe Arpaio, sheriff Maricopa County, Arizona, yang berkampanye untuk Trump.

Dalam sektor kepala badan perlindungan lingkungan (EPA) ada nama Jeff Holmstead, pengacara energi, bekas pejabat EPA pada era pemerintahan George W. Bush. Kemudian, Mike Catanzaro, pelobi energi, bekas pejabat EPA pada era pemerintahan George W. Bush. Lalu Robert Grady, kapitalis modalt, pengelola perusahaan ekuitas Gryphon Investors. Selanjutnya Leslie Rutledge, jaksa agung Arkansas, dan Carol Comer, komisioner Departemen Manajemen Lingkungan Indiana

Daftar Kandidat Pengisi Kabinet Donald Trump yang Akan Memerintah ASAP via salon.com

Untuk menteri energi ada nama Harold Hamm, pakar gas dan minyak Oklahoma, kepala eksekutif Continental Resources Inc. Kemudian Kevin Cramer, anggota DPR dari North Dakota. Selanjutnya Robert Grady, kapitalis modal, mitra pada perusahaan ekuitas swasta Gryphon Investors. Lalu Larry Nichols, pendiri Devon Energy Corp, dan James Connaughton, kepala eksekutif Nautilus Data Technologies dan bekas penasihat lingkungan pada era Presiden George W. Bush.

Untuk menteri dalam negeri terdapat nama-nama Sarah Palin, mantan gubernur Alaska, calon wakil presiden pada Pemilu 2008. Kemudian, Jan Brewer, mantan gubernur Arizona. Selanjutnya, Forrest Lucas, pendiri perusahaan minyak Lucas Oil. Lalu Harold Hamm, pakar gas dan minyak Oklahoma, kepala eksekutif Continental Resources Inc, dan Robert Grady, kapitalis modal, mitra pada perusahaan ekuitas swasta Gryphon Investors

Dalam sektor menteri perdagangan ada nama Wilbur Ross, investor miliarder, kepala anak perusahaan Invesco Ltd, WL Ross & Co, dan juga Linda McMahon, bekas eksekutif acara gulat World Wrestling Entertainment dan dua kali calon Senat

Di sektor direktur intelijen nasional, terdapat nama Ronald Burgess, letjen purnawirawan dan bekas kepala Badan Intelijen Pertahanan. Selanjutnya, Robert Cardillo, direktur Badan Geospasial-Intelijen Nasional. Lalu Pete Hoekstra, bekas anggota DPR dari daerah pemilihan Michigan.

Daftar Kandidat Pengisi Kabinet Donald Trump yang Akan Memerintah ASCarlo Allegri/Reuters ANTARA FOTO

Sementara itu, Direktur CIA akan dijabat oleh Pete Hoekstra, bekas anggota DPR dari daerah pemilihan Michigan. Untuk Divisi Penasihat Keamanan Nasional akan dijabat oleh Michael Flynn, Letjen purnawirawan dan mantan direktur Badan Intelijen Pertahanan.

Selanjutnya, duta besar Amerika Serikat di PBB antara lain adalah Kelly Ayotte, senator dari New Hampshire dan anggota Komisi Angkatan Bersenjata Senat. Richard Grenell, bekas juru bicara AS di PBB, dan Peter King, anggota DPR dari New York.

Untuk kepala perwakilan dagang (USTR) akan dijabat oleh Dan DiMicco, bekas kepala eksekutif produsen baja Nucor Corp.

Daftar Kandidat Pengisi Kabinet Donald Trump yang Akan Memerintah ASMike Segar/Reuters ANTARA FOTO

Untuk divisi mahkamah agung dan jaksa agung, tim transisi Trump memastikan bahwa dia akan memilih nama dari daftar berisi 21 nama yang mengemuka selama kampanyenya, termasuk Senator Mike Lee dari Utah, dan William Pryor, hakim federal.  Sementara itu, dalam divisi jaksa agung akan dijabat oleh Rudy Giuliani, mantan wali kota New York. Lalu Ted Cruz, Senator Texas, bekas bakal calon presiden. Selanjutnya, Jeff Sessions, anggota senior Komisi Hukum Senat yang punya pandangan garis keras terhadap imigrasi. Kemudian, Kris Kobach, Menteri Negara Bagian Kansas, arsitek kampanye anti-imigrasi yang mengaku menjadi penasihat Trump dalam masalah imigrasi. Lalu Pam Bondi, kepala kejaksaan negara bagian Florida. Kemudian, Trey Gowdy, Anggota DPR dari South Carolina yang mengetuai komisi DPR yang menginvestigasi serangan ke kompleks diplomatik AS di Benghazi, Libya, pada 2012, dan Henry McMaster, wakil gubernur South Carolina.

Sementara itu menteri perburuhan akan dijabat oleh Victoria Lipnic, komisioner Komisi Kesetaraan Peluang Kerja AS dan bekas pejabat Departemen Perburuhan pada era pemerintahan George W. Bush dan Andrew Puzder, CEO jaringan restoran CKE.

Selamat kepada calon presiden terpilih Donald Trump. 

Baca Juga: "Kembaran" Jack Ma Hidup Miskin di Tiongkok, Apakah Miliader Ini Akan Membantunya?

Topik:

Berita Terkini Lainnya