"Kembaran" Jack Ma Hidup Miskin di Tiongkok, Apakah Miliader Ini Akan Membantunya?

Mini Jack Ma

Anak lelaki miskin yang memiliki wajah mirip miliarder Tiongkok, Jack Ma ini tentunya tidak menyangka dia berhasil menambat hati pendiri Grup Alibaba tersebut. Pasalnya Ma yang terkenal sebagai orang terkaya kedua di Tiongkok ini berjanji mendanai pendidikan Fan Xiaoqin, dari sekolah dasar sampai perguruan tinggi.

Kembaran Jack Ma Hidup Miskin di Tiongkok, Apakah Miliader Ini Akan Membantunya? lifehack.org

Dikutip Fortune.com, (16/11), Fan Xiaoqin adalah bocah yang dijuluki "mini Jack Ma". Dia berusia delapan tahun dan tinggal di Yongfeng County di wilayah Jiangxi di Tiongkok sebelah timur.

Dia menjadi populer setelah foto dirinya beredar secara online sejak tahun lalu. Netizen yang melihatnya lantas menemukan bahwa dia memiliki kemiripan dengan Ma saat kecil. Netizen juga tersentuh dengan kehidupan bocah yang menderita akibat kemiskinan keluarganya itu.

Baca Juga: Warga Inggris Berharap Barack Obama Jadi Perdana Menteri Mereka.

"Mini Jack Ma" adalah keturunan dari keluarga miskin dan sakit-sakitan.

Kembaran Jack Ma Hidup Miskin di Tiongkok, Apakah Miliader Ini Akan Membantunya? facebook.com/PeoplesDaily

Hidup bocah tersebut tak seindah yang dibayangkan. Dia hidup di bawah garis kemiskinan terutama setelah ibunya mengidap penyakit polio dan ayahnya kehilangan kedua kaki. Sementara nenek Fan Xiaoqin juga menderita penyakit alzheimer sehingga membuatnya harus membantu mengurusi kehidupan semua keluarganya.

Foto dan video yang banyak beredar di sosial media tersebut berhasil memenangkan hati netizen yang menyarankan Jack Ma membantu Fan Xiaoqin.

Jack ma mengakui kesamaan dirinya dengan Fan Xiaoqin.

Kembaran Jack Ma Hidup Miskin di Tiongkok, Apakah Miliader Ini Akan Membantunya? facebook.com/PeoplesDaily

Video itu mendapat perhatian Jack Ma karena dia melihat kesamaan antara dirinya dengan anak-anak lelaki itu. Menurutnya, kondisi anak tersebut bukan lelucon, tapi adalah fakta serius bahwa masih banyak orang miskin di negeri ini. Masalah pertumbuhan dan pendidikan anak-anak Tiongkok pedesaan sudah mengkhawatirkan.

Kementerian Catatan Sipil Tiongkok pada pekan lalu mengatakan ada total 9,02 juta anak pedesaan yang ditinggalkan oleh orang tua mereka yang memilih pindah ke kota-kota untuk mencari pekerjaan.

Lebih dari 700 juta warga Tiongkok dibawa keluar dari kemiskinan dalam 3 dekade terakhir. Tiongkok bertekad mengentas semua warga miskin dari kemelaratan sebelum 2020.

Namun, baru-baru ini pihak Alibaba mengatakan tidak akan memberikan bantuan.

Kembaran Jack Ma Hidup Miskin di Tiongkok, Apakah Miliader Ini Akan Membantunya? facebook.com/PeoplesDaily

Namun saat dikonfirmasi lebih lanjut, pihak Alibaba mengatakan bahwa pemberitaan mengenai dirinya yang akan mendanai kembarannya ini adalah berita palsu.

Pihak Alibaba telah mengeluarkan pernyataan bahwa membantu satu orang anak miskin tentu saja adalah hal yang mudah. Namun jika membantu semua anak miskin di negara Tiongkok membutuhkan banyak sumber daya.

Jack Ma sendiri juga bukan orang yang bisa kaya karena dapat warisan atau semacamnya. Dia memulai karirnya mulai dari nol. Dia memulai karirnya sebagai seorang guru, penerjemah, dan bahkan dia pernah mendapatkan penolakan saat bekerja di salah satu restoran fast food KFC yang ternama di dunia.

Baca Juga: Berkat Loyalitasnya, Mantan Wali Kota New York Ini Jadi Kandidat Menteri Luar Negeri AS.

Topik:

Berita Terkini Lainnya