Berdasarkan Survei, Lebih dari 70% Warga Muslim di AS Pilih Hillary Ketimbang Trump

Apa alasannya?

Trump nampaknya harus berlapang dada. Pasalnya lebih dari 70 persen dari total warga Muslim di Amerika Serikat mengatakan akan memilih Hillary Clinton dalam pemilihan umum presiden pada 8 November nanti. Jumlah itu berdasarkan hasil survei nasional Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR).

Berdasarkan Survei, Lebih dari 70% Warga Muslim di AS Pilih Hillary Ketimbang TrumpJessica Kourkounis/Getty via slate.com

Dikutip Heavy.com, Direktur CAIR untuk Departemen Urusan Pemerintahan, Robert S McCaw menegaskan bahwa sekitar 72 persen warga Muslim AS yang akan menggunakan hak pilihnya mengatakan mereka akan memberikan suaranya untuk Hillary Clinton, sedangkan empat persen lainnya mengatakan mereka akan memilih Donald Trump.

Sementara itu, sebanyak tiga persen lainnya dari warga Muslim AS mengatakan akan memilih capres Jill Stein dari Partai Hijau dan dua persen warga muslim mengatakan akan memilih capres independen Gary Johnson. Menurut McCaw, banyak warga Muslim AS cenderung memilih calon presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton dibandingkan lawannya Donald Trump dari Partai Demokrat. Alasanya adalah citra Partai Demokrat yang dianggap lebih dekat dengan warga muslim ketimbang Partai Republik.

Partai Republik kurang dekat dengan kalangan muslim.

Berdasarkan Survei, Lebih dari 70% Warga Muslim di AS Pilih Hillary Ketimbang TrumpJonathan Ernst/ANTARA FOTO

McCaw menyebutkan, bahwa sebanyak 62 persen responden dari kalangan Muslim di AS mengatakan bahwa Partai Republik tidak ramah terhadap komunitas Muslim. Dan angka itu, meningkat dibandingkan dengan hasil survei pada 2012 yang hanya mencapai 51 persen responden.

Sementara hanya dua persen responden yang mengatakan bahwa Partai Demokrat tidak ramah terhadap komunitas muslim di AS, di mana angka itu turun sebesar empat persen dibandingkan dengan hasil survei pada 2012.

Baca Juga: Masyarakat Meksiko Rutin Rayakan "Hari Para Mendiang", Begini Suasana Mistisnya!

Berdasarkan Survei, Lebih dari 70% Warga Muslim di AS Pilih Hillary Ketimbang TrumpAP Photos via denverpost.com

Selain itu, ada enam isu yang paling penting untuk para pemilih Muslim Amerika dalam Pilpres AS 2016. Yaitu hak-hak sipil, pendidikan, pekerjaan dan ekonomi, perlindungan siswa dari intimidasi dan pelecehan, larangan bepergian ke AS yang ditujukan pada umat Islam, dan isu terorisme dan keamanan nasional.

Dia mengatakan, berdasarkan hasil survei CAIR, sebanyak 91 persen responden percaya bahwa larangan sementara yang diusulkan Donald Trump pada wisatawan Muslim untuk memasuki AS adalah keputusan yang salah, dan hanya tiga persen responden yang meyakini bahwa itu adalah keputusan yang tepat.

Trump dinilai islamofobia.

Berdasarkan Survei, Lebih dari 70% Warga Muslim di AS Pilih Hillary Ketimbang TrumpMike Segar/ANTARA FOTO

McCaw mengatakan bahwa banyak yang tidak menginginkan Trump karena dia itu islamofobia. Dia mengeluarkan pernyataan buruk, salah satunya adalah Islam adalah sebuah agama yang penuh kebencian.

Berdasarkan hasil survei CAIR, sebanyak 85 persen responden percaya bahwa islamofobia dan sentimen anti-Muslim di AS telah meningkat dalam satu tahun terakhir. Selain itu, 30 persen responden warga Muslim AS mengatakan mereka telah mengalami diskriminasi atau pemeriksaan profil yang bersifat rasis dalam satu tahun terakhir.

Baca Juga: 7 Bulan Tak Lagi Tampil di Publik, Benarkah Istri Kim Jong-un Dieksekusi?

Topik:

Berita Terkini Lainnya