7 Bulan Tak Lagi Tampil di Publik, Benarkah Istri Kim Jong-un Dieksekusi?

Kemana istri Kim saat ini?

Kabar adanya keanehan dengan Istri pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un kembali muncul. Wanita ini tidak lagi tampil di depan umum dalam tujuh bulan terakhir. Hal ini memicu kekhawatiran bahwa dia sudah disingkirkan. Para pakar yang mengikuti perkembangan Korea Utara menjelaskan ada kemungkinan istri Kim Jong-un, Ri Sol-ju yang diperkenalkan ke publik sebagai ibu negara pada Februari 2012 berseberangan dengan adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong.

7 Bulan Tak Lagi Tampil di Publik, Benarkah Istri Kim Jong-un Dieksekusi?AFP via Mirror.co.uk

Dikutip Mirror.co.uk, (1/11), diyakini pengaruh sang adik terhadap Kim Jong-un makin besar. Sang adik, Kim Yo-jong saat ini menjabat sebagai Departemen Propaganda dan Agitasi. Dia bertanggung jawab membangun, memoles, dan mempertahankan citra pribadi Kim Jong-un.

Ri terakhir kali terlihat saat mengunjungi distrik perdagangan baru dan kompleks fasilitas kesehatan di ibu kota Pyongyang pada 28 Maret, kata kantor berita Korea Selatan Yonhap. Sementara itu, sang suami terus melakukan kunjungan ke berbagai penjuru negeri dan menggelar kongres partai pada bulan Mei. Tanpa kehadiran sang istri lagi.

Benarkah sang istri sedang hamil? Atau ada masalah dengan Kim?

7 Bulan Tak Lagi Tampil di Publik, Benarkah Istri Kim Jong-un Dieksekusi?AP via Mirror.co.uk

Menurut Toshimitsu Shigemura, guru besar ilmu politik dan spesialis Korea di Universitas Waeda, Jepang, ada beberapa faktor yang membuat istri Kim Jong-un tak lagi tampil akhir-akhir ini. Yang pertama adalah faktor keselamatan dirinya.

Hal ini terkait dengan munculnya laporan bahwa situasi di Pyongyang tak lagi stabil dan bahkan ada upaya serangan oleh faksi militer terhadap Kim Jong-un. Mungkin saja Ri sengaja disembunyikan atau tengah dalam penjagaan ketat.

Yang kedua terkait dengan hubungan antara Kim Jong-un dan istrinya yang mungkin mengalami masalah. Faktor kedua ini punya kaitan dengan adik Kim Jong-un, Kim Yo-jong. Hubungan yang tidak harmonis antara Kim Yo-jong dan Ri Sol-ju mungkin mendorong Kim Jong-un tidak lagi mau mengajak istrinya dalam berbagai acara.

Faktor lain adalah, mungkin saja saat ini Ri hamil sehingga tidak memungkinkannya aktif untuk menemani sang suami.

Namun, yang paling dikhawatirkan adalah terjadi sesuatu di antara Kim Jong-un dan istrinya yang mendorong pemimpin Korea Utara itu menyingkirkan istrinya tersebut. Kekhawatiran ini didasarkan pada eksekusi yang dilakukan Kim Jong-un terhadap pamannya, Jang Song-taek. Dia menuduh pamannya melakukan pengkhianatan terhadap negara. Saat mengumumkan eksekusi Jang Song-taek, Kim Jong-un mengatakan bahwa pamannya itu mencoba menggulingkannya dan menggambarkannya sebagai orang yang punya derajat lebih rendah dari anjing.

Baca Juga: Daftar 9 Film Hollywood Paling Ditunggu di Bulan November 2016.

Dengan kekuatannya, Kim Jong-un sebelumnya juga pernah mengeksekusi mantan pacarnya.

7 Bulan Tak Lagi Tampil di Publik, Benarkah Istri Kim Jong-un Dieksekusi?Rodong Sinmun/AAP via Mirror.co.uk

Bukan kali pertama Ri menjadi bahan berita dunia. Sebelumnya, pada 2013 dan 2015 lalu, istri Kim juga sempat menghilang dari publik. Jong-un pun sempat dituduh telah mengesksekusi istrinya sendiri karena berbeda pandangan.

Namun, dia kembali di hadapan publik pada 14 April 2015 setelah hampir dua tahun menghilang. Kekhawatiran ini kian meningkat karena sebelum menikahi Ri Sol-Ju, Jong-un pernah mengeksekusi mantan pacarnya yang juga berasal dari dunia hiburan.

Baca Juga: Beredar Hoax Valbuena Meninggal, Ini Kata Lyon!

Topik:

Berita Terkini Lainnya