Masyarakat Meksiko Rutin Rayakan "Hari Para Mendiang", Begini Suasana Mistisnya!

Perayaan untuk mendiang yang sudah meninggal lebih dulu

Ada yang menarik dari Hari Para Mendiang yang dirayakan tiap tahunnya di Meksiko. Hari tersebut adalah hari raya paling besar di Meksiko dimana keluarga-keluarga memperingati kerabat tercinta mereka yang telah meninggal dunia. Hari Para Mendiang dibagi menjadi dua, tanggal 1 November dan 2 November. Pada 1 November dipersembahkan bagi anak-anak yang meninggal. Sementara tanggal 2 November didedikasikan bagi orang-orang dewasa yang sudah meninggal.

Masyarakat Meksiko Rutin Rayakan Hari Para Mendiang, Begini Suasana Mistisnya!Marilynn K. Yee/nytimes.com

Dikutip BBC News, (3/11), pada kedua hari itu para keluarga mengunjungi pemakaman dan menghiasi makam dengan bunga-bunga marigold. Bunga marigold memang identik dengan perayaan ini. Selain itu juga dibangun altar-altar khusus di rumah dan di makam-makam. Di atasnya ditaruh makanan kesukaan si mendiang untuk 'membujuk' mereka datang berkunjung di periode itu.

Fitur menarik dari perayaan ini.

Masyarakat Meksiko Rutin Rayakan Hari Para Mendiang, Begini Suasana Mistisnya!Katy Watson/bbc.com

Dalam perayaan ini, orang-orang akan membuat kembang gula berbentuk tengkorak yang tidak dimaksudkan untuk menyeramkan. Salah seorang yang membuatnya bernama Francisco Galindo. Dia mengaku membuat kembang gula yang belajar keahliannya dari neneknya.

Baca Juga: Bikin Heboh, Remaja Ukraina Ini Rela Ubah Namanya Demi Dapat iPhone 7 Gratis!

Selain itu juga terdapat banyak tengkorak dengan variasi ukuran dan harganya. Tengkorak yang dibuat lebih rinci dan penuh detail ini nantinya akan diikutkan dalam kompetisi khusus di Alfenique Fair di Toluca. Pemenang tahun lalu adalah penutup kepala berhias tengkorak-tengkorak kembang gula tersebut.

Sebagian tengkorak dibuat sebagai dekorasi belaka, sebagian lagi dibuat untuk dimakan, misalnya adalah permen asam kranji yang dibuat berbalur gula. Tak mengherankan, gula yang aslinya memang berasal dari Mesoamerica ini adalah bahan yang populer.

Tema hantu dan tengkorak untuk memperingati mereka yang sudah mati.

Masyarakat Meksiko Rutin Rayakan Hari Para Mendiang, Begini Suasana Mistisnya!Katy Watson/bbc.com

Tetapi tentu bukan cuma tengkorak. Hantu pun juga merupakan tema yang populer dalam perayaan ini. Selain itu ada peti-peti mati dari kembang gula yang memiliki warna-warni mencolok.

Altar-altar mini ini kemudian dibuat dari kembang gula dihias dengan peli dan ditaruh di makam agar sang mendiang bisa menikmati. Makanan populer yang disantap orang-orang yang hidup di hari orang-orang mati ini adalah Pan de Muerto atau Roti Sang Mendiang.

Masyarakat Meksiko Rutin Rayakan Hari Para Mendiang, Begini Suasana Mistisnya!xunmejordf.com

Juru masak Irving Quiroz menjelaskan bahwa empat jalur melintang yang ada pada roti ini menggambarkan tangan dan kaki, sementara bola di tengah menggambarkan tengkorak. Jalur itu juga bisa tampak bagai air mata yang menetes kala yang hidup mengingat yang mati. Pan de Muerto disapu mentega di permukaannya dan ditaburi gula. Dan kalau warnanya sudah seperti emas, roti sang mendiang ini akan siap untuk dihidangkan.

Baca Juga: Berkat Nenek Berusia 105 Tahun, Sebuah Desa di India Punya Toilet Pertama.

Topik:

Berita Terkini Lainnya