Dipolisikan Karena Diduga Menyebar Hoax, Begini Reaksi Fahri Hamzah

Hati-hati bermedia sosial guys

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah dan Fadli Zon dilaporkan ke Polda Metro Jaya beberapa hari lalu, lantaran diduga menyebarkan hoax atau berita bohong.

Dugaan tersebut bermula karena Fahri menyebut dalang di balik Muslim Cyber Army (MCA) adalah Ahokers, atau pendukung mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

Fahri mengaku tidak ambil pusing dan cenderung mengabaikan terkait perihal itu. Menurut dia, laporan yang diajukan Cyber Indonesia itu tidak berdasar.

"Ya itu kan gak ada buktinya," kata Fahri usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Senin (19/3).

1. Meski belum menghapus cuitannya di Twitter, Fahri merasa sudah otomatis mengklarifikasi

Dipolisikan Karena Diduga Menyebar Hoax, Begini Reaksi Fahri HamzahIDN Times/Vanny El Rahman

Awal permasalahan ini adalah tatkala media yang bersangkutan telah memberikan klarifikasi soal berita yang dinaikkan tanpa sumber yang kredibel. Namun, Fahri belum belum me-retweet berita klarifikasi itu.

"Saya mengutip medianya secara resmi. Dia pasti punya histori kalau diklik. Oleh karena nya kalau orang meng-klik, dia sudah melakukan koreksi. Sudah selesai kan masalahnya," kata politikus kelahiran Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Baca juga: Fahri Hamzah dan Fadli Zon Dilaporkan ke Polisi, Diduga Menyebarkan Hoax

2. Fahri mengklaim apa yang dilakukannya bukan kesalahan

Dipolisikan Karena Diduga Menyebar Hoax, Begini Reaksi Fahri HamzahIDN Times/Vanny El Rahman

Fahri merasa apa yang dilakukannya sama sekali bukan suatu tindak pidana. Sebab, yang dia sebarkan bukan berita yang mengada-ada.

"Ya orang itu saya kutip medianya adalah media mainstream. Kecuali yang saya kutip medianya gak ada, itu bisa masuk delik pengaduan," kata dia.

3. Fahri mengklaim sudah melakukan dengan penuh hati-hati

Dipolisikan Karena Diduga Menyebar Hoax, Begini Reaksi Fahri HamzahIDN Times/Vanny El Rahman

Pria yang mengklaim sebagai pendiri Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini mengaku, segala hal yang ia sebarkan di media sosial adalah tanggung jawabnya dan dia melakukan dengan penuh kehati-hatian.

"Saya sudah men-tweet puluhan ribu kali, mungkin semua media Anda sudah pernah saya retweet. Tapi saya pintar, saya taruh link nya," tutup Fahri. 

Baca juga: Datangi Mapolda Metro, Fahri Hamzah Berharap Presiden PKS Dijadikan Tersangka

Topik:

Berita Terkini Lainnya