Survei Cyrus Network: Elektabilitas AHY Meningkat sebagai Cawapres

Elektabilitas AHY mengalahkan Anies dan JK

Jakarta, IDN Times - Lembaga survei Cyrus Network membuat simulasi calon wakil presiden untuk Joko Widodo atau Jokowi dan Prabowo Subianto. Di antara beberapa nama yang disurvei, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) muncul dengan posisi cukup tinggi.

1. Elektabilitas AHY semakin tinggi

Survei Cyrus Network: Elektabilitas AHY Meningkat sebagai CawapresIDN Times/Ardiansyah Fajar

Menurut hasil survei Cyrus Network, dari simulasi 15 nama, posisi AHY cukup tinggi. Kendati, posisi pertama masih ditempati Jokowi dengan persentase 57,3 persen, dan posisi kedua Prabowo dengan 21,3 persen, dan disusul Gatot Nurmantyo dan Hari Tanoesoedibjo.

Sedangkan, posisi AHY berada di nomor lima, dengan hasil persentase 20,4 persen. Posisi AHY mengalahkan Anies Baswedan dan Jusuf Kalla.

Baca juga: Digadang Maju di Pilpres, Begini Tanggapan AHY

2. AHY unggul sebagai cawapres Jokowi

Survei Cyrus Network: Elektabilitas AHY Meningkat sebagai CawapresDok. IDN Times/Istimewa

Dalam presentasinya, Mananging Director Cyrus Network Eko Dafid Afianto mengungkapkan, AHY menjadi salah satu sosok yang diperesepsikan cocok menjadi pendamping Jokowi. Melalui simulasi beberapa nama tersebut, sosok wakil presiden yang cocok untuk Jokowi ditempati putra sulung Susilo Bambang Yudhoyono itu pada posisi pertama, yakni 15 persen.

“AHY menduduki peringkat pertama menjadi wakil yang dipersepsikan paling cocok mendampingi Jokowi, di atas Gatot. Ini yang mengejutkan,” kata Eko, di Resto D’Consultae Lounge, Jakarta Pusat, Kamis (19/4).

Adapun di bawah AHY adalah Gatot Nurmantyo dengan hasil persentase sebesar 10 persen. Kemudian Prbaowo dan Anies 9,1 persen.

3. Elektabilitas AHY juga kuat sebagai cawapres Prabowo

Survei Cyrus Network: Elektabilitas AHY Meningkat sebagai CawapresDok. IDN Times/Istimewa

Tidak hanya membuat simulasi untuk Jokowi, Cyrus Network juga membuat simulasi calon wakil presiden untuk Prabowo. Dalam simulasi kali ini, AHY pun kembali masuk ke dalamnya.

Posisi pertama diduduki Anies Baswedan sebesar 15,3 persen. Bersaing tipis dengan Anies, di bawahnya ada AHY dengan hasil 14,8 persen. Di bawah AHY disusul Gatot Nurmantyo sebesar 12,8 persen.

Baca juga: Pilpres 2019: Belum Tentukan Sikap Politik, Demokrat Ngotot Dukung AHY

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya