Pilpres 2019: Belum Tentukan Sikap Politik, Demokrat Ngotot Dukung AHY

Kemana Demokrat akan merapat: Jokowi atau Prabowo?

Jakarta, IDN Times - Partai Demokrat hingga kini belum menentukan sikap apakah akan gabung dengan poros Jokowi, Prabowo, atau membentuk poros baru. Wakil Ketua Umum Partai Demokrat Agus Hermanto mengatakan partainya tidak ingin terburu-buru menentukan sikap.

1. Demokrat masih menyiapkan strategi  

Pilpres 2019: Belum Tentukan Sikap Politik, Demokrat Ngotot Dukung AHYIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Agus menyampaikan saat ini partainya masih berkoordinasi untuk Pilpres 2019. Ia pun mengatakan jika saat ini masih ada waktu untuk menentukan siapa yang akan diusung partainya.

“Dan bahkan partai-partai politik yang sudah mengusung capres, sampai saat ini juga belum melakukan koalisi secara permanen,” kata Agus di Gedung DPR RI, Kamis (19/4). 

Baca juga: Pidato Prabowo Sebut Indonesia Bubar 2030, Demokrat: Ia Terobsesi Studi Asing

2. Demokrat merasa banyak pilihan koalisi

Pilpres 2019: Belum Tentukan Sikap Politik, Demokrat Ngotot Dukung AHYIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Agus mengatakan Demokrat masih mempertimbangkan sejumlah pilihan untuk Pilpres mendatang. Pilihan itu antara lain bergabung dengan poros yang sudah ada, yakni poros Jokowi dan poros Prabowo, atau membentuk poros baru.

“Dan bisa juga Partai Demokrat mendukung salah satu calon yang ada. Ini akan betul-betul digodok, betul-betul dikoordinasikan,” jelas Agus.

3. Demokrat konsisten ingin mengusung AHY

Pilpres 2019: Belum Tentukan Sikap Politik, Demokrat Ngotot Dukung AHYIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Namun, meskipun belum mementukan siap politik, namun Agus memastikan Demokrat tetap akan mengusung Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pilpres 2019.  

“Terutama kader-kadernya ingin mengusung AHY untuk menjadi next leader, sehingga ini pun juga diperlukan koordinasi-koordinasi yang lebih mantap, sehingga bisa masuk di dalam Pemilu 2019 ini,” tutur Agus.

Baca juga: Poros Ketiga Hanya Wacana, PPP Yakini Demokrat Merapat ke Jokowi

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya