Poros Ketiga Hanya Wacana, PPP Yakini Demokrat Merapat ke Jokowi

Poros ketiga hanya basa-basi politik saja

Jakarta, IDN Times – Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Romahurmuziy (Romi) menanggapi tentang wacana pembentukan poros ketiga.

Hingga saat ini, poros ketiga masih dinilai tidak ada keseriusan dan hanya sebatas basa-basi politik. Sehingga, dinilai Romi, akan ada salah satu dari ketiga partai yang diwacanakan membentuk poros ketiga, seperti PAN, PKB, Demokrat, akan ada salah satunya yang bergabung dengan koalisi Jokowi.

1. Tidak pernah ada wacana poros ketiga

Poros Ketiga Hanya Wacana, PPP Yakini Demokrat Merapat ke JokowiIDN Times/Teatrika Putri

Romi pun mengungkapkan, dari ketiga partai politik tersebut yang belum menentukan sikap, salah satunya akan bergabung ke poros Jokowi. Ia mengatakan bahwa selama ini komunikasi mengenai poros ketiga memanglah tidak ada dan tidak serius dilakukan.

“Tanda-tanda terbentuk poros ketiga itu tidak ada komunikasi yang dilakukan oleh PAN, PKB, sesuai dengan pembicaraan langsung pada Pak SBY, dua hari lalu,” jelas Romi di Ruang Fraksi PPP, Gedung DPR RI, Rabu (4/4).

Romi menerangkan, jika SBY pernah menyampaikan kepadanya bahwa di antara SBY, Cak Imin, dan Zulkifli Hasan, tidak ada komunikasi poros ketiga sebelumnya.

“Sehingga saya bisa sementara ini menyimpulkan bahwa poros ketiga itu tidak pernah ada,” terangnya.

Baca juga: Pidato Prabowo Sebut Indonesia Bubar 2030, Demokrat: Ia Terobsesi Studi Asing

2. Akan ada saatnya SBY memutuskan

Poros Ketiga Hanya Wacana, PPP Yakini Demokrat Merapat ke JokowiIDN Times/Ahmad Mustaqim

Saat ditanyai mengenai keseriusan Demokrat merapat ke Jokowi, Romi hanya mengatakan jika akan ada saatnya SBY memutuskan koalisi. Ia pun akan menghargai apabila nantinya SBY memutuskan untuk merapat ke Jokowi.

“Tentunya sebagai anggota koalisi pemerintah, ajakan itu saya sampaikan, dan saya menghargai sikap-sikap politik SBY kalau nanti pun pada akhirnya merapat kepada Jokowi,” kata Romi.

Romi menambahkan, apabila Demokrat benar akan bergabung dengan koalisi Jokowi, maka akan menambah kekuatan bagi poros tersebut. “Itu akan menjadi tambahan kekuataan, karena tahun 2014 Demokrat abstain,” ujar dia.

3. Romi yakin SBY bergabung dengan koalisi Jokowi

Poros Ketiga Hanya Wacana, PPP Yakini Demokrat Merapat ke JokowiAntarafoto

Demokrat yang belum menentukan sikapnya, diyakini Romi pada 2019 nanti, SBY akan mengambil sikap untuk bergabung dengan Jokowi.

“Feeling saya, SBY memberikan apresiasi terhadap langkah-langkah yang dilakukan Jokowi. Dan InsyaAllah, Demokrat pada saatnya saya yakini akan bergabung,” tandas Romi.

Baca juga: Poros Ketiga Masih Tanda Tanya, Demokrat: Masih Ada Waktu

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya