Pidato Prabowo Sebut Indonesia Bubar 2030, Demokrat: Ia Terobsesi Studi Asing

Padahal ada studi yang menyebut Indonesia justru bakal maju

Jakarta, IDN Times - Media sosial tengah diramaikan dengan beredarnya video pidato Prabowo Subianto yang menyebut Indonesia akan bubar pada tahun 2030. 

Hal tersebut menuai banyak komentar. Salah satu yang turut angkat suara soal ucapan Prabowo adalah Wakil Sekretaris Jenderal Partai Demokrat, Rachland Nashidik.

1. Prabowo terobsesi dengan studi asing

Pidato Prabowo Sebut Indonesia Bubar 2030, Demokrat: Ia Terobsesi Studi Asingjurnalpatrolinews.com

Menurut Rachlan, sebenarnya Prabowo tak sembarangan mengucapkan pendapatnya yang mengatakan Indonesia akan bubar tahun 2030. Sebab memang ada studi yang membahas hal tersebut.

"Kesan saya, Pak Prabowo cuma mengutip hasil studi tentang perkembangan geopolitik Internasional yang bersifat pesimistis tentang Indonesia. Ia tidak membuat prediksi sendiri," ucap Rachlan dalam pesan yang diterima IDN Times, Selasa (20/3).

"Namun kelihatannya ia sangat terobsesi dengan studi pihak asing tersebut," lanjutnya.

Baca juga: Viral Prabowo Sebut Indonesia akan Bubar 2030, Fadli Zon Sebut Ini Peringatan

2. Ada studi lain yang optimistis terhadap Indonesia

Pidato Prabowo Sebut Indonesia Bubar 2030, Demokrat: Ia Terobsesi Studi AsingANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Menurut Rachlan masih banyak studi lainnya yang mengatakan soal proyeksi Indonesia ke depannya. Bahkan yang ada optimistis mengatakan Indonesia akan maju di masa mendatang.

"Jangan lupa ada juga proyeksi dari studi studi lain yang justru optimis memandang peran dan kekuatan Indonesia di masa depan. Indonesia di situ dilukiskan sebagai negara demokrasi yang bertambah kuat dan berpengaruh, dengan kesejahteraan rakyatnya yang meningkat pesat," ungkapnya.

 3. Prabowo meniupkan ketakutan

Pidato Prabowo Sebut Indonesia Bubar 2030, Demokrat: Ia Terobsesi Studi AsingANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Lebih lanjut, Rachlan menilai bahwa sebenarnya niat Prabowo sebenarnya baik. Namun ciri khasnya malah seakan menimbulkan rasa takut.

"Niat Pak Prabowo sebenarnya baik. Ia mau mengajak kita lebih memedulikan Indonesia. Mungkin adalah gaya khas beliau saja bila ia melakukan itu dengan cara meniupkan ketakutan," ucapnya.

Baca juga: Pilpres 2019: Pernah Kalah di 2014, Prabowo Dipastikan Bakal Lebih Siap

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya