Anies Baswedan Berpotensi Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2019?

Anies juga unggul jika menjadi calon wakil presiden

Jakarta, IDN Times - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan disebut-sebut lembaga survei Indo Barometer dalam survei simulasi skenario Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari sempat mengungkapkan Anies berpotensi menjadi kuda hitam pada Pilpres 2019, yakni calon yang tidak disangka-sangka namun menang.

1. Kenapa Anies berpotensi menjadi kuda hitam?

Anies Baswedan Berpotensi Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2019?ANTARA FOTO/Khairun Nisa

Qodari mengatakan ada skenario dimana Anies akan menjadi pesaing paling kuat Jokowi jika Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto tidak maju Pilpres 2019.

Hasil persentasi survei apabila Prabowo tidak maju Pilpres 2019 adalah Jokowi sebesar 49,9 persen, dan Anies sebesar 12,1 persen. Diikuti oleh Gatot Nurmantyo 7,8 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebesar 5,3 persen.

Menurut Qodari, potensi Anies menjadi kuda hitam karena mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu saat ini memiliki jabatan strategis, yaitu sebagai Gubernur DKI Jakarta.

“Pertama, karena dia sekarang memegang jabatan yang strategis. Jadi kalau Anies membuat kebijakan-kebijakan, kemungkinan besar kebijakan itu akan menjadi sorotan,” kata dia.

2. Anies unggul sebagai calon presiden terpintar

Anies Baswedan Berpotensi Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2019?IDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Dalam survei tersebut, diketahui publik memilih calon presiden melalui kriteria tegas, merakyat, kerja nyata, orangnya baik, dan pintar. Melalui hasil, Anies juga dikatakan sebagai calon presiden yang paling pintar dengan persentase 33,3 persen dibanding nama lainnya.

“Pintar ini Anies sebesar 33,3 persen,” kata Qodari.

Baca juga: Skenario Pilpres 2019 versi Indo Barometer: Jokowi-Prabowo Tidak Tertandingi

3. Anies nomor kelima calon presiden yang dikenal

Anies Baswedan Berpotensi Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2019?IDN Times/Humas Pemprov DKI Jakarta

Menurut data survei juga, dari sekian banyaknya nama calon presiden di Pilpres 2019, Anies menempati posisi kelima calon presiden yang dikenal publik.

“Capres yang paling dikenal itu Jokowi, kemudian JK, kemudian Prabowo, Megawati, Anies Baswedan. Jadi, pengenalan publik terhadap Anies 84,6,” kata Qodari.

Hasil survei mengatakan jika calon Presiden yang dikenal oleh publik diantaranya Jokowi sebesar 97 persen, Prabowo Subianto  87,7 persen, Megawati 84,7 persen, dan Anies 84,6 persen.

4. Anies unggul menjadi calon wakil presiden

Anies Baswedan Berpotensi Jadi Kuda Hitam di Pilpres 2019?IDN Times/Helmi Shemi

Data survei Indi Barometer mengungkapkan apabila Prabowo tidak maju dalam Pemilu 2019, maka Anies Baswedan akan unggul sebagai calon presiden yang paling dikenal publik.

Anies unggul dengan hasil persentase sebesar 84,6 persen. Survei ini juga mengungkapkan alasan lain publik dalam memilih calon wakil presiden, antara lain karena cocok sebagai wakil, tegas, dekat dengan rakyat, pintar, orangnya baik.

“Paling tinggi, cocok, ini Anies dan Gatot yang paling tinggi,” ujar Qodari.

Baca juga: Prabowo Subianto Belum Diputuskan Maju Pilpres 2019, Ini Alasannya

Topik:

Berita Terkini Lainnya