Romansa Setya Novanto dan Deistri Astriani di Ruang Sidang

Keduanya sering terlihat cipika-cipiki usai sidang digelar

Jakarta, IDN Times - Terdakwa kasus mega korupsi KTP Elektronik, Setya Novanto sudah ditahan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) selama lima bulan. Alhasil, ia harus terpisah dari sang isteri, Deistri Astriani dan kedua anaknya yang masih kecil. 

Walau begitu, hal tersebut rupanya tidak memadamkan romantisme keduanya. Novanto tidak segan-segan pamer kemesraan dengan Deisti di hadapan media ketika tengah menghadiri sidang. Bahkan, di depan Hakim Ketua Machfudin, Novanto tidak sengaja keceplosan menyebut kata "yang" yang merujuk ke sang isteri, Deisti Astriani Tagor. 

Bak pasangan pengantin baru, Deisti tersipu malu mendengar ucapan suaminya tersebut. Keduanya pun tidak segan cipika-cipiki sebelum Novanto masuk menuju ke mobil tahanan. 

Lalu, momen apa lagi yang menggambarkan kemesraan keduanya? 

1. Deistri Astriani selalu setia mendampingi Setya Novanto menjalani persidangan 

Romansa Setya Novanto dan Deistri Astriani di Ruang SidangANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Perempuan berusia 48 tahun itu selalu terlihat setia mendampingi Novanto menjalani persidangan. Bahkan, ketika sidang berakhir pukul 22:30 WIB pun, Deistri tetap setia melihat suaminya disidang. 

Menilik ke belakang, Deisti sempat terlihat menitikan air mata saat dakwaan dibacakan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU). Reaksi Deistri itu seolah pas dengan sikap Novanto yang tengah mengambil peran sakit diare. 

Air mata Deisti kembali mengalir ketika suaminya dituntut hukuman 16 tahun penjara. Ia seolah tidak menyangka harus dipaksa sedemikian lama berpisah dengan mantan Ketua DPR itu. 

Sebagai seorang isteri, ketika suaminya tersangkut isu korupsi, sudah pasti ia menjadi bahan perbincangan orang lain. Namun, saat ditanya oleh IDN Times, Deisti mengaku tidak ambil pusing apa pun perkataan orang mengenai kasus yang tengah dihadapi oleh suaminya. 

"Gak lah. Saya gak peduli juga apa kata orang. Ngapain juga saya dengerin," ujar Deisti yang ditemui di ruang sidang pada (9/3/2018). 

Ia juga menyebut melindungi kedua puteranya dari pembullyan teman-teman sebayanya. Salah satunya dengan menyekolahkan mereka di sekolah internasional. 

"Jadi, gak ada itu cerita anak saya dibully," kata Deistri lagi. 

Baca juga: 4 Kesaksian Janggal Deisti Astriani soal Perawatan Setya Novanto di Rumah Sakit

2. Terlihat akur dengan anak tiri Setya Novanto saat menjenguk di rutan 

Romansa Setya Novanto dan Deistri Astriani di Ruang SidangANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Sudah menjadi rahasia publik, Deisti adalah isteri kedua Setya Novanto. Isteri pertama Novanto, Luciana Lily Herliyanti adalah puteri mantan Wakapolda Jawa Barat. Dari pernikahan pertama itu, Novanto dikaruniai dua anak yakni Dwina Michaella dan Rheza Herwindo. 

Saat Novanto mulai ditahan oleh KPK, semua keluarga mantan Ketua Umum Partai Golkar tersebut ikut dipanggil oleh penyidik untuk dimintai keterangan. Mereka menemukan fakta, Novanto mengendalikan proyek e-KTP, melalui anak dan isterinya. 

Mantan Direktur PT Murakabi Sejahtera, Deniarto Suhartono mengungkap anak dan isteri duduk di perusahaan yang mengikuti lelang proyek e-KTP. Dwina Michaella duduk sebagai komisaris, sedangkan Rheza dan Deisti merupakan pemiliki saham PT Mondialindo Graha Perdana. Mondialindo merupakan pemegang saham mayoritas di PT Murakabi Sejahtera. 

Deisti pun rutin menjenguk suaminya di rutan KPK dua kali dalam satu pekan. Ia biasanya turut membawakan makanan kesukaan Novanto di sesi besuk. Bahkan, Deisti pernah tertangkap kamera menjenguk Novanto bersama Dwina Michaella, puteri tirinya. 

"Iya lah pasti dibawakan (makanan) kalau berkunjung," kata Deisti. 

3. Digoda hakim masih romantis walau sudah lama terpisah 

Romansa Setya Novanto dan Deistri Astriani di Ruang SidangIDN Times/Santi Dewi

Saat persidangan pada Jumat (27/4) kemarin, Novanto sempat digoda oleh hakim Pengadilan Tipikor ketika bersaksi bagi dokter Bimanesh Sutarjo. Ia tengah menceritakan peristiwa saat sadar dari pingsan usai mobil yang ditumpanginya menabrak tiang lampu pada (16/11/2017). Rupanya, Novanto keceplosan menyebut kata "Yang" yang merujuk ke sang isteri. 

Novanto mengaku baru tahu sudah dipindahkan ke RSCM dari isterinya. 

"Saat dipindah dari RS Medika Permata Hijau ke RSCM saya tidak tahu. Pas sore, saya baru tahu kalau sudah pindah rumah sakit. Yang kasih tahu isteri saya. Dia bilang '(sa)yang, kamu sudah ada di RSCM. Kamu lama pingsan,'" ujar Novanto menirukan kalimat isterinya. 

Hakim lalu menanyakan apakah yang dimaksud 'yang' itu adalah isterinya. Novanto pun membenarkan. 

"Yang itu maksudnya sayang?," tanya Hakim Ketua Machfudin. 

"Iya, Yang Mulia," ujar Novanto yang disambut riuh pengunjung di ruang sidang. 

"Masih romantis juga ya saksi," kata hakim lagi. 

"Masih romantis Yang Mulia. Biar begitu kan tetap harus romantis, Yang Mulia," ujar Novanto yang direspons pengunjung dengan suara tawa. 

4. Pamer kemesraan dengan cipika-cipiki di depan media

Romansa Setya Novanto dan Deistri Astriani di Ruang SidangIDN Times/Santi Dewi

Dalam surat pembelaannya, Setya Novanto sempat menitikan air mata ketika menyampaikan ucapan terima kasih kepada sang isteri dan anak-anaknya. Ia mengaku salut kepada mereka karena teguh menghadapi peristiwa di mana ia harus ditahan oleh lembaga anti rasuah. 

Novanto juga menyebut kagum terhadap Deisti, karena tak putus mendampinginya selama persidangan berlangsung. Maka, tak heran kalau sebelum sidang dimulai Novanto dan Deisti kerap duduk bersama sembari ngobrol. 

Bahkan, usai sidang berakhir, Novanto akan menghampiri Deisti dan menyalaminya. Dalam beberapa kesempatan, keduanya bahkan terlihat cipika-cipiki di depan para pewarta. Salah satunya seperti yang terjadi usai sidang pada Jumat (27/4). Novanto terlihat mencium pipi Deisti sebelum ia melangkah ke mobil tahanan. 

Saat dikira sudah selesai, Novanto ternyata kembali mencium Deisti. 

"Sini, (sa) yang," kata Novanto memanggil Deisti lalu mendaratkan ciuman di pipi sang isteri. 

Keduanya pun nampak tersipu malu usai pamer kemesraan. Deisti yang mengenakan jilbab berwarna abu-abu dan kemeja putih, tampak berjalan menuju ke mobilnya sambil tertawa dengan pipi merona. 

Baca juga: Ini Pengakuan Deisti Astriani Saat Setya Novanto Jadi Buronan KPK

 

 


 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya