Persiapan Pilgub, Gus Ipul Cuti, Puti Mengundurkan Diri

Harus begitu, biar fokus

Surabaya, IDN Times - Pasangan cagub dan cawagub, Saifullah Yusuf dan Puti Guntur Soekarno (Gus Ipul-Puti) akan memenuhi beberapa kewajiban berkaitan dengan statusnya sebagai pejabat publik jelang Pilgub Jatim mendatang. Gus Ipul akan mengambil cuti, sementara Puti akan mundur dari statusnya sebagai anggota DPR-RI. 

"Ini sedang proses, sudah saya tanda tangani. Tinggal menunggu jawaban dari Mendagri," ungkap Gus Ipul sebelum menjalani tes kesehatan di Graha Amerta RSUD dr Soetomo Surabaya, Jumat (12/1).

1. Sudah berpamitan

Persiapan Pilgub, Gus Ipul Cuti, Puti Mengundurkan Diri Humas Pemerintah Provinsi

Sebelumnya, Gus Ipul telah berpamitan pada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Jatim pada Selasa (2/1). Saat itu, Gus Ipul memohon izin untuk mengikuti tahapan Pilgub yang telah berlangsung. 

"Melalui kesempatan ini, saya pamit untuk cuti selama masa kampanye," ujar Gus Ipul di sela apel awal tahun 2018 di halaman kantor Gubernur Jatim, Jl Pahlawan, Surabaya.

Baca juga: Dapat Dukungan Cuma-cuma dari PKS, Ini Tanggapan Gus Ipul

2. Puti mundur setelah penetapan kandidat

Persiapan Pilgub, Gus Ipul Cuti, Puti Mengundurkan Diri ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Sementara itu, ditanya tentang pasangannya, Gus Ipul yakin bahwa Puti akan mengikuti ketentuan yang berlaku. "Setelah ditetapkan sebagai kandidat, Mbak Puti akan mundur sebagai anggota DPR," jelasnya. Puti sendiri belum bisa dikonfirmasi terkait pengunduran dirinya tersebut. 

3. Sesuai ketentuan

Persiapan Pilgub, Gus Ipul Cuti, Puti Mengundurkan Diri ANTARA FOTO/Zabur Karuru

Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Wali Kota menyebutkan bagi anggota DPR, DPD dan DPRD, wajib mengundurkan diri sejak ditetapkan sebagai pasangan calon.

Adapun kepala daerah yang menjadi petahana dalam Pilkada tidak diharuskan mundur. Dia diperbolehkan mengajukan cuti selama masa kampanye. Komisi Pemilihan Umum sendiri akan melakukan penetapan pasangan calon pada tanggal 12 Februari 2018 mendatang.

Baca juga: Usai Mendaftar, Gus Ipul dan Puti Saling Puji

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya