Produsen Sepatu Sandiaga Uno Ternyata Pernah Menyumbang Teman Ahok

Diluncurkan sejak 2013

Pada debat Pilkada final yang lalu (10/2) sempat ada momen menarik di mana calon wakil gubernur nomor urut tiga, Sandiaga Uno, tiba-tiba melepas sepatu yang dipakainya.

Di atas panggung debat, Sandiaga menyebut sepatu tersebut adalah hasil pembinaan program OK-OCE.

Produsen Sepatu Sandiaga Uno Ternyata Pernah Menyumbang Teman AhokIDN Times

Saat itu Sandiaga sedang membahas mengenai lapangan pekerjaan di DKI Jakarta. "Kita harus menciptakan lapangan pekerjaan. Bagaimana kita menciptakan lapangan pekerjaan? OK-OCE," katanya. Kemudian ia melanjutkan, "Begitu kita mulai ada 5.000 lebih peserta OK-OCE, salah satunya adalah Hartono yang menciptakan sepatu ini. Sepatu ini adalah sepatu milik bangsa kita."

Sepatu yang dipakai Sandiaga itu bermerek 910 (dibaca: Nine Ten) edisi khusus Sandiaga Uno. Berdasarkan laporan Tirto.id, sepatu itu adalah hasil kerjasama Jakarta Berlari (kampanye berlari yang digagas Sandiaga) dengan produsen sepatu milik Hartono, 910. Sepatu yang dijual dengan harga Rp 449 ribu ini, menurut Hartono, diciptakan khusus sesuai standar Sandiaga yang suka lari maraton di mana ia sebelumnya memakai brand luar negeri.

Program OK-OCE atau One Kecamatan One Center for Entrepeneurship memang menjadi program andalan pasangan Anies dan Sandiaga. Menurut Sandiaga, permasalahan yang ada di DKI Jakarta adalah tingginya minat menjadi wirausaha yang tak diimbangi dengan pendampingan, tempat usaha, serta modal yang memadai. Ia menyebut ini yang sedang diusahakannya dan mengklaim sepatu yang dipakainya adalah bukti OK-OCE berkembang dengan baik.

Baca Juga: Agus: Pak Anies Pandai Berkata-kata dan Berteori

910, produsen sepatu yang dipakai Sandiaga, pernah menyumbang merchandise untuk Teman Ahok.

Produsen Sepatu Sandiaga Uno Ternyata Pernah Menyumbang Teman Ahoktwitter.com/temanAhok

Dikutip dari Metro TV News, produsen sepatu 910 rupanya pernah menyumbang untuk relawan calon gubernur petahana Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang disebut Teman Ahok. Ketika itu bulan Oktober 2016, juru bicara Teman Ahok, Amalia Ayuningtias, menyatakan bahwa salah satu cara untuk membantu kampanye Ahok adalah dengan berjualan merchandise, salah satunya adalah sepatu.

Menurut Amalia, ada bantuan yang Teman Ahok peroleh dari berbagai pihak. Diantaranya adalah dari produsen sepatu 910 yang menyediakan barang jadi. Ia menambahkan, perusahaan tersebut membantu biaya produksi dan tak meminta profit. Keuntungan pun 100 persen untuk Teman Ahok. Dilihat dari situs penjualan merchandise Teman Ahok, begini rupa dari sepatu yang dijual seharga Rp 249.900 itu:

Produsen Sepatu Sandiaga Uno Ternyata Pernah Menyumbang Teman Ahoktoko.temanahok.com

Sepatu 910 sendiri sudah dijual di sejumlah situs belanja online terkemuka.

Produsen Sepatu Sandiaga Uno Ternyata Pernah Menyumbang Teman Ahokinstagram.com/910_sportswear

Merek 910 tersebut rupanya sudah diluncurkan sejak 2013 lalu. Dikutip dari TribunSport, Presiden Direktur PT Sukses Sembilan Sepuluh yang memiliki 910, Hartono, menyebutkan perusahaannya punya konsultan desain dari kota Hanshin, Osaka, Jepang. Tak hanya itu, 910 juga punya kantor cabang di Shenzhen, Tiongkok. Tak hanya dijual di situs resminya, sepatu 910 juga tersedia di sejumlah situs belanja online terkemuka di Indonesia.

Baca Juga: Ini Rencana Masing-masing Paslon Jika Tak Terpilih Jadi Gubernur

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya