Mengenal Hakim Sidang Tipikor Setya Novanto

Ada 5 hakim pengadil Novanto

Jakarta, IDN Times - Tersangka kasus dugaan korupsi kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP) Setya Novanto, Rabu(13/12) akan menghadapi sidang pembacaan dakwaan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta. 

Sidang perdana bagi Novanto ini akan dipimpin Ketua Majelis Hakim Yanto. Sementara, empat anggota majelis hakim lain yakni Frangki Tambuwun, Emilia Djaja Subagia, Anwar, dan Anshori Saifuddin. Sedangkan panitera pengganti adalah Roma Siallagan.

Lima hakim tersebut, sebelumnya menangani kasus yang sama, dan dikenal memiliki rekam jejak yang cukup baik dalam menangani perkara.

Yanto, kini menjabat Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, dan pernah menjabat Ketua Pengadilan Negeri Sleman dan Denpasar.

Mengenal Hakim Sidang Tipikor Setya NovantoAntara Foto/Wahyu Putro A

Hakim kelahiran Gunung Kidul 21 Januari 1960 itu merupakan lulusan doktor dari Universitas Jayabaya. Yanto juga tercatat pernah menjabat sebagai hakim tingkat pertama pada Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 2014.

Baca juga: Setya Novanto Hadapi Sidang Dakwaan Hari Ini

Selain Novanto, ada tiga terdakwa dalam korupsi e-KTP yakni mantan Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri Irman, mantan Direktur Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri Sugiharto, dan pengusaha Andi Narogong.

Mengenal Hakim Sidang Tipikor Setya NovantoIDN Times/Linda Juliawanti

Ketua nonaktif DPR RI Setya Novanto disangka melakukan penyalahgunaan wewenang dalam proyek pengadaan Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP). Pria yang juga menjabat Ketua Umum nonaktif Partai Golkar itu diduga dengan sengaja memperkaya diri sendiri, orang lain, dan korporasi.

KPK menyebut, Novanto bersama pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong mengatur proses pembahasan anggaran serta pengadaan barang dan jasa dalam proyek e-KTP. Perbuatannya diduga menyebabkan kerugian negara sekitar Rp 2,3 triliun.

Baca juga: KPK Pastikan Setya Novanto dalam Kondisi Sehat

Topik:

Berita Terkini Lainnya