Ini Visi Misi 2 Calon Pasangan Pilkada Jateng 2018

Malam ini calon pasangan akan mengikuti debat

Jakarta, IDN Times - Pilkada Jawa Tengah (Jateng) hanya akan diramaikan dua calon pasangan, yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) dan Sudirman Said-Ida Fauziah.

1. Dukungan partai politik pada calon pasangan

Ini Visi Misi 2 Calon Pasangan Pilkada Jateng 2018 indowarta.com

Ganjar-Yasin diusung PDIP, PPP, Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Golkar. Sedangkan, Said-Fauziah disokong Partai Gerindra, PKB, PKS, dan PAN.

Baca juga: Demokrat dan PDIP Koalisi Usung Ganjar Pranowo-Gus Yasin di Pilkada Jateng

2. Visi misi calon pasangan Pilkada Jateng

Ini Visi Misi 2 Calon Pasangan Pilkada Jateng 2018 solopos.com

Seperti dilansir neraca.co.id, Kamis (15/3), Sudirman-Ida mengusung Visi "Mbangun Jateng Mukti Bareng Mencapai Kehidupan Warga Jawa Tengah yang Adil, Sejahtera, Maju dan Beradab". 

Sedangkan misinya pertama, mewujudkan pemerataan hasil-hasil pembangunan, mengurangi kesenjangan. Kedua, memperkuat partisipasi warga dalam pembangunan, membangun sebagai gerakan. Ketiga, menjaga keberlanjutan, memelihara keseimbangan lingkungan.

Selain visi dan misi, Sudirman-Ida juga mengedepankan Sembilan Program Strategis. Pertama, membangun kredibilitas pemerintahan dengan meningkatkan tata kelola, integritas, dan kompetensi satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dan seluruh jajaran kepemimpinan. 

Kedua, mendorong dan memfasilitasi tumbuhnya kader-kader pemimpin di tiga ektor; pemerintah, bisnis, dan gerakan masyarakat sipil.

Ketiga, membangun pendidikan berbasis karakter, pendidikan keahlian dan vokasi untuk menumbuhkan bakat-bakat terbaik di bidang keterampilan teknis kepemimpinan, dan kewirausahaan. 

Keempat, mendorong pembangunan berbasis partisipasi warga, dengan melibatkan seluas mungkin pemangku kepentingan dalam bidang usaha, kebudayaan, konservasi lingkungan, dan kepariwisataan.

Kelima, mengejar ketertinggalan pembangunan sumber daya manusia' dengan meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan termasuk didalamnya perempuan, anak dan defabel.

Keenam, meningkatkan ketahanan keluarga melalui pemberdayaan perempuan menjaga kualitas generasi penerus.

Ketujuh, melakukan akselerasi pertumbuhan ekonomi dengan meningkatkanPendapatan Asli Daerah (PAD), mendorong peran Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) dan melibatkan investasi BUMD dan Swasta.

Kedelapan, mempercepat konektivitas antar wilayah dengan infrastruktur transpoftasi, energi dan teknologi. Dan kesembilan, memajukan kualitas kehidupan nelayan, petani, industri agro dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

Selain visi, misi dan program, Sudirman-Ida juga menekankan 5 prioritas utama yaitu jaminan pensiun bagi seluruh warga, melahirkan 57.300 wirausaha baru, menumbuhkan 8.559 lumbung desa, memuliakan petani dan nelayan (konsolidasi lahan, dukungan keuangan, pengelolaan produk, dan percepatan pembangunan kawasan selatan. 

Ini Visi Misi 2 Calon Pasangan Pilkada Jateng 2018 ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sementara, seperti dikutip dari akun YouTube, Lagi Viral, yang diunggah pada 28 Februari 2018, pasangan Ganjar-Yasin memiliki visi Menuju Jawa Tengah Sejahtera dan Berdikari: Mboten Korupsi, Mboten Ngapusi (tidak korupsi dan membohongi). 

Sedangkan visi pasangan ini, pertama menempatkan rakyat sebagai subjek dalam proses pengambilan keputusan dan penentuan arah pembangunan, serta memperkuat akses rakyat terhadap sumberdaya politik, ekonomi sosial dan budaya, menjadi  masyarakat yang guyub makmur.

Kedua, mewujudkan kesejahteraan masyarakat yang menekankan pada pertumbuhan ekonomi yang menyebar, inklusif, dan berkualitas dengan tagline Jateng Berdaya, yang berkeadilan sosial, berkeadilan gender, tanggap kebutuhan anak dan berkelanjutan, bertumpu pada pinsip-prinsip budaya gotong royong.

Ketiga, memperkuat penyelenggara pemerintah yang bersih, jujur, transparan dan akuntabel guna menjamin pelayanan publik yang cepat, tepat, nyaman dan responsif terhadap pemenuhan kebutuhan dasar rakyat, terciptanya relasi sosial yang aman dan tidak diskriminatif.       

3. Jadwal kampanye Pilkada Jateng

Ini Visi Misi 2 Calon Pasangan Pilkada Jateng 2018 ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Seperti dikutip dari laman jateng.kpu.go.id, jadwal kampanye Pilkada Jateng dimulai pada 15 Februri hingga 23 Juni 2018. Berikut jadwal kampanye Pilgub Jateng:

1. Penyebaran Bahan Kampanye 15 Februari-23 Juni
2. Pemasangan APK 15 Februari-23 Juni
3. Debat Publik 20 April, 3 Mei, dan 21 Juni
4. Kegiatan Kebudayaan 15 Februari-23 Juni
6. Kegiatan Olahraga 15 Februari-23 Juni
7. Perlombaan 15 Februari-23 Juni
8. Kegiatan Sosial 15 Februari-23 Juni
9. Kampanye Media Sosial 15 Februari-23 Juni

4. Debat calon pasangan di Metro TV

Ini Visi Misi 2 Calon Pasangan Pilkada Jateng 2018 IDN Times/Fitang Adhitia

Metro TV akan menyelenggarakan debat Pilkada Jawa Tengah malam ini di Hotel Gumaya, Semarang, Jawa Tengah. Debat akan disiarkan secara langsung mulai pukul 19.30 WIB.

Debat Pilkada Jateng ini akan diikuti dua pasangan calon yakni Ganjar Pranowo-Taj Yasin Maimoen (Gus Yasin) dan Sudirman Said-Ida Fauziah.

Baca juga: Pilkada Jateng: PKB Deklarasikan Sudirman Said - Ida Fauziah

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya