Tuai Kontroversi, Pengacara Sebut Ahok Siap Ditahan di Mana pun

Narapidana harus ditahan di lapas, bukan rutan

Pemilihan penjara untuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) sempat menuai pro kontra. Masalah keamanan menjadi penyebab tahanan yang divonis 2 tahun oleh hakim ini ingin ditempatkan di rumah tahanan yang benar-benar kondusif.

Ahok sendiri harus mendekam di penjara selama setelah dirinya dinyatakan bersalah oleh hakim atas penistaan agama yang dilakukannya. Setelah sempat ditahan di Lembaga Pemasyarakatan Cipinang, Jakarta Timur, Ahok kemudian dipindahkan ke rumah tahanan milik rutan Brimob di Depok dengan alasan keamanan. Masalah lain kemudian muncul.

Narapidana harus mendekam di lapas, bukan rutan.

Tuai Kontroversi, Pengacara Sebut Ahok Siap Ditahan di Mana punAri Bowo Sucipto/ANTARA FOTO

Pasca dicabutnya permohonan banding Ahok, statusnya pun resmi menjadi narapidana. Namun, saat berada di lembaga pemasyarakatan Cipinang, mencuat kabar bahwa Ahok menerima ancaman pembunuhan. Hal tersebut diperkuat dengan informasi dari Menteri Hukum dan HAM Yasonna H Laoly.

Dia pun dipindahkan ke rumah tahanan Brimob, Depok. Namun, sesuai peraturan, seorang napi harus ditahan di lembaga pemasyarakatan, bukan di rumah tahanan. Dari sini pro kontra pun muncul. Banyak pihak yang meminta agar Ahok kembali dipindah ke Cipinang. Bahkan, beberapa pihak menilai bahwa ada perlakuan istimewa terhadap Ahok.

Ahok tak pernah pilih-pilih rumah tahanan.

Tuai Kontroversi, Pengacara Sebut Ahok Siap Ditahan di Mana punAri Bowo Sucipto/ANTARA FOTO

Menurut laman Kompas.com, (14/6), salah satu tim kuasa hukum Ahok, I Wayan Sudirta membantah bahwa kliennya pilih-pilih rutan atau diperlakukan istimewa. Menurut dia, Ahok sebenarnya mau ditempatkan di mana saja, asalkan aman. Apalagi, dia pernah mendapatkan ancaman saat masih ditahan di Cipinang beberapa waktu lalu.

Oleh karena itulah, Wayan mengatakan muncul permintaan supaya mantan Gubernur DKI Jakarta itu tetap ditahan di Mako Brimob. Namun, karena harus mematuhi peraturan, akhirnya muncul opsi lainnya yaitu Lapas Terbuka kelas IIB, Cinere, Depok. Jika nantinya harus ditempatkan di sana, Ahok pun tak menolaknya.

Baca Juga: Berkaca dari Kebakaran Lapas Banceuy, Apakah Sistem Penjara Indonesia Lembek?

Mako Brimob dinilai lebih terjamin keamanannya.

Tuai Kontroversi, Pengacara Sebut Ahok Siap Ditahan di Mana punHendra Nurdiyansyah/ANTARA FOTO

Meski siap ditempatkan di penjara mana pun, namun Wayan mengatakan bahwa rumah tahanan Brimob untuk saat ini paling ideal. Sebab, keamanan di tempat tersebut paling terjamin.

Baca Juga: Kenapa Ahok Ditahan di Rutan Bukan Lapas? Apa Bedanya?

Topik:

Berita Terkini Lainnya