Baca Nota Pembelaan, Ahok Ibaratkan Dirinya Sebagai Ikan Nemo

Ahok mendeskripsikan dirinya hidup di lingkungan orang yang salah arus.

Ada yang unik dalam pembacaan nota pembelaan atau pleidoi terdakwa kasus dugaan penodaan agama Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ahok mengibaratkan dirinya sebagai ikan kecil bernama nemo dalam film Finding Nemo. Adakah filosofi tersembunyi “ikan nemo” yang namanya dicatut dalam sidang Ahok tersebut?

Baca Nota Pembelaan, Ahok Ibaratkan Dirinya Sebagai Ikan NemoIndrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO

Dikutip Kompas.com, (25/4), Ahok mengatakan bahwa filosofi itu bermula saat dirinya bertemu dengan anak-anak TK di Balai Kota DKI Jakarta. Mereka bertanya kenapa Ahok berani melawan pihak lainnya? Kepada mereka, Ahok menceritakan bahwa apa yang dilakukannya seperti tindakan yang dilakukan oleh Nemo masuk ke dalam jaring. Padahal saat itu ayah Nemo sudah melarangkarena bisa membahayakan nyawanya.

Ahok mendeskripsikan dirinya hidup di lingkungan orang yang salah arus.

Baca Nota Pembelaan, Ahok Ibaratkan Dirinya Sebagai Ikan Nemomovies.disney.com.au

Ahok mendeskripsikan dirinya saat ini hidup di lingkungan orang yang salah arus saat berenang, seperti halnya Nemo. Nemo tetap berjuang melawan arus demi menyelamatkan ikan-ikan yang lain. Namun saat ikan tersebut diselamatkan, apakah mereka berterima kasih kepada Nemo? Tentu saja tidak. Meski demikian itu tak masalah yang penting Nemo sudah berbuat baik.

Sama halnya dengan yang dilakukan Ahok. Dia terus berjuang untuk tetap jujur saat semua orang tidak jujur. Meski tidak ada yang peduli kita berbuat baik, itu tidaklah masalah. Yang penting tuhan yang mengetahui semuanya. Intisari dari cerita kisah Nemo tersebut adalah kebenaran sekalipun dilupakan. jerih payah tidak akan sia-sia.

Baca Juga: Diisukan Bakal Jadi Menteri, Ini Jawaban Ahok. 

Ahok berharap pleidoinya tersebut bisa membuat hakim memutuskan yang terbaik.

Baca Nota Pembelaan, Ahok Ibaratkan Dirinya Sebagai Ikan NemoIndrianto Eko Suwarso/ANTARA FOTO

Usai pembacaan pledoi tersebut, Ahok tak lupa meminta kepada majelis hakim untuk memberikan putusan terbaik dengan mengesampingkan unsur penistaan dan penodaan agama. Ahok pun juga memberikan berkas pembelaan kepada majelis hakim yang sudah ditandatanganinya.

Setelah keluar dari ruang sidang, Ahok pun juga menjelaskan kepada awak media mengenai sidang pledoi yang mencatut nama ikan Nemo tersebut. Secara garis besar, Ahok menyimpulkan bahwa kesimpulan dari apa yang dijelaskannya dalam sidang tadi adalah dia akan tetap melayani walau difitnah.

Baca Juga: Ahok Benarkan APBD DKI Dikunci dengan Password. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya