Aksi Bakar Ban dan Poster Simbol Penolakan Pernyataan Trump

Aksi berlanjut

Laporan IDN Times, Fitang Budhi Adhitia

Jakarta, IDN Times - Massa peserta aksi solidaritas untuk Palestina di depan Kedubes AS membakar ban dan poster.

Pembakaran oleh massa sebagai bentuk pernyataan sikap penolakan terhadap klaim Presiden AS, Donald Trump atas Yerusalem.

"Kita  lakukan aksi bakar ban ini sebagai bentuk mengecam penyataan  Trump tersebut," ujar salah satu peserta aksi dari atas mobil komando dengan pengeras suara, Jumat (08/12/2017).

Selain membakar ban, mereka juga membakar poster yang bertuliskan "Say No Trump" dan menuntut pemerintah untuk memutus hubungan diplomatik Indonesia dengan Amerika Serikat.

Baca juga: Elemen Masyarakat Indonesia Gelar Aksi Damai Bela Palestina

Aksi Bakar Ban dan Poster Simbol Penolakan Pernyataan Trump

"Kami meminta kepada pemerintah untuk memutus hubungan diplomatik antara Indonesia dengan Amerika Serikat sebagai bentuk dukungan kepada Palestina".

Tak bisa temui Kedubes Amerika Serikat

Ikatan Pelajar Nahdatul Ulama (IPNU) ditolak masuk untuk menemui Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) Joseph R. Donovan.

Ketua Umum IPNU, Asep Irfan Mujahid menyayangkan aksi penolakan masuk oleh negara yang dikenal Demokratis tersebut.

"Kalau mereka negara demokratis dan menjunjung HAM mereka harus bersikap elegan. Minimal ada pernyataan tertulis resmi lah dari pihak dubes," kata Asep di depan Kedubes AS, Jalan Medan Merdeka Selatan 3-4, Jakarta Pusat, Jumat (8/12).

Aksi Bakar Ban dan Poster Simbol Penolakan Pernyataan TrumpIDNTimes/Fitang Adhitia

Penolakan oleh Kedubes AS tersebut dikarenakan tidak adanya Duta Besar, Joseph Donovan ditempat dan Staf yang lain tidak bisa memberikan statment terkait keberadaan Dubes AS untuk Indonesia tersebut.

"Tidak ada duta besarnya. harusnya ada staf lain yang menerima. Dari PBNU barusan mau masuk tapi tidak bisa diterima. Kita inisiatif masuk kedalam dan yang ada hanya staf yg tidak bisa memberikan stetmen apapun,"jelasnya.

Baca juga: 4 Hal yang Bisa Dilakukan Indonesia buat Dukung Palestina Merdeka

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya