4 Hal yang Bisa Dilakukan Indonesia buat Dukung Palestina Merdeka

Menurut anggota DPR ini, Indonesia harus mendorong OKI

Jakarta, IDN Times - Tanggal 29 November menjadi momen bersejarah bagi Palestina. Betapa tidak, pada tanggal yang sama, 70 tahun silam, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyepakati Mandat Inggris melalui Resolusi 181. 

Hasilnya adalah tanah Palestina dibagi menjadi dua wilayah, untuk Yahudi (Israel) dan Non-Yahudi (Palestina). Kemudian, 29 November juga menjadi tahun pertama Palestina diakui sebagai negara, meski belum diakui sebagai anggota PBB.

Anggota Komisi 1 DPR RI Fraksi PKS H Sukamta menyebutkan empat hal yang bisa dilakukan Indonesia untuk membantu kemerdekaan Palestina.

Pertama, Sukamta mengatakan, Indonesia harus mendorong Organisasi Kerjasama Islam (OKI) –institusi internasional yang menaungi negara-negara Islam dalam berbagai kepentingaan– untuk mendukung kemerdekaan Palestina.

Baca juga: Berusia 81 Tahun, Kakek di Palestina Semangat Ikut UN SMA

4 Hal yang Bisa Dilakukan Indonesia buat Dukung Palestina MerdekaSumber Gambar: viva.co.id

"Indonesia perlu mendorong OKI untuk menindaklanjuti Deklarasi Jakarta hasil KTT (Konferensi Tingkat Tinggi) Luar Biasa OKI 2016 di Jakarta. Paling tidak, Indonesia bisa mendorong agar dibentuk komite khusus," ujar anggota dewan dapil Yogyakarta itu di Gedung DPR, Jakarta, Rabu 29 November 2017.

Kedua, kata Sukamta, Indonesia bersama pimpinan dari berbagai negara mendukung keanggotaan Palestina di PBB agar mendapatkan keanggotaan penuh.

"Saat ini Palestina berstatus observer non-state. Menjadi anggota penuh penting agar meningkatkan daya tawar suatu negara," tambahnya.

Ketiga, lanjut Sukamta, Indonesia dan OKI mengawal rekonsiliasi Hamas dan Fatah, menjadi gerakan politik yang mendukung kemerdekaan Palestina.

4 Hal yang Bisa Dilakukan Indonesia buat Dukung Palestina MerdekaSumber Gambar: sindonews.com

"Dukungan OKI sangat penting karena kesepakatan rentan untuk gagal di tengah jalan, apalagi kalau Israel berupaya untuk menggagalkannya agar memperlemah Palestina," ungkap dia.

Keempat, Sukamta menambahkan, Indonesia perlu berbagi pengalaman dengan Palestina. Perjuangan kemerdekaan Indonesia sekiranya menjadi kisah berharga bagi Palestina.

"Belanda sempat tidak mengakui kemerdekaan Indonesia. Tapi Bangsa Indonesia terus berjuang dengan gerilya dan diplomasi internasional. Hingga akhirnya Belanda menyerah dan mengakui kemerdekaan Indonesia," Sukamta menandaskan.

Baca juga: Tampil di NYFW, Wanita Palestina Mengaku Ditipu Desainer Israel

Topik:

Berita Terkini Lainnya