Ragam Peringatan Hari Kartini, dari Ngopi Gratis hingga Peragaan Busana di Kereta

Inisiatif ini dilakukan PT Kereta Commuter Indonesia

Jakarta, IDN Times - PT Kereta Commuter Indonesia (PT KCI) memeriahkan perayaan Hari Kartini, 21 April ini. Perayaan peringatan hari lahir tokoh perempuan penting Indonesia, R.A Kartini, ini dikemas dengan menarik. PT KCI menyapa pengguna Commuter dengan kopi, bincang-bincang dan peragaan busana.

PT KCI hari ini (21/4) juga meluncurkan KMT edisi khusus Hari Kartini yang bisa didapatkan di 5 stasiun. Jakarta Kota, Tanah Abang, Bekasi, Bogor, dan Tangerang menjadi lima stasiun terpilih. Pengguna jasa KRL dapat menukarkan Tiket Harian Berjaminan (THB) dengan KMT edisi Hari Kartini di loket-loket stasiun selama persediaan masih ada.

Cukup banyak perempuan yang bekerja di PT KCI. Mulai dari top management, middle management, hingga front liner. Hal ini menjadi bukti dukungan PT KCI akan terwujudnya emansipasi bagi wanita Indonesia

1. Ngopi bareng Kartini, ribuan gelas dibagikan gratis

Ragam Peringatan Hari Kartini, dari Ngopi Gratis hingga Peragaan Busana di KeretaIDN Times/Margith Damanik

Kemeriahan perayaan Hari Kartini dari PT KCI diisi dengan "ngopi bareng kartini". Ribuan gelas kopi akan dibagikan bagi para pengguna KRL dengan cuma-cuma. Pengguna jasa KRL hanya perlu menunjukkan KMT atau KRL aksesnya untuk dapat menikmati secangkir kopi gratis.

Baca juga: Ini Surat Kartini tentang Kegelisahannya terhadap Pernikahan Anak

"Selain bagi-bagi kopi ada diskusi seputar kopi yang akan mengupas tentang kopi khas Indonesia," kata Wiwik Widayanti selaku Direktur Utama PT KCI. Diskusi ini juga akan diikuti oleh belasan barista perempuan dan mengajak seluruh pengguna jasa KRL.

Hal yang menarik adalah kopi-kopi tersebut diracik oleh barista-barista perempuan yang hadir memeriahkan acara Hari Kartini dengan PT KCI. Kopi-kopi tersebut diracik langsung di stasiun Jakarta Kota sebelum disuguhkan kepada pengguna jasa commuter line Indonesia. Ladies, jangan kelewatan ya.

2. Fashion Show di KRL diikuti 20 model

Ragam Peringatan Hari Kartini, dari Ngopi Gratis hingga Peragaan Busana di KeretaIDN Times/Margith Damanik

Kumpulan Model dari Putra Putri Batik Nusantara akan hadir di dalam KRL dengan tujuan Stasiun Jakarta Kota menuju Stasiun Juanda (pulang-pergi). Sebanyak 20 model perempuan disebar di dalam empat KRL akan mengenakan pakaian batik dan kebaya nasional.

Dengan diselenggarakannya acara berbagi kopi gratis ini serta dengan mengadakan Fashion Show batik dan kebaya khas Indonesia, PTK KCI turut mendukung dan mengembangkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)

3. Kampanye mencegah pelecehan seksual

Ragam Peringatan Hari Kartini, dari Ngopi Gratis hingga Peragaan Busana di KeretaIDN Times/Margith Damanik

Sehari sebelumnya, Jumat (20/4) masih dalam rangka peringatan Hari Kartini, PT KCI juga mengadakan kampanye untuk mencegah pelecehan seksual di dalam kereta. Hal ini diadakan sebagai wujud kepedulian terhadap kenyamanan dan keamanan pengguna jasa commuter terutama perempuan.

"Ini bagian dari program kami sejak Januari. Kami sudah melakukan kampanye di sejumlah stasiun berupa pemasangan banner dan pemberian brosur," kata Eva Chairunisa selaku Vice President of Corporate Communications dari PT KCI. Kampanye ini menjadi cara KCI untuk mencegah terjadinya pelecehan seksual pada pengguna jasa KRL.

Dalam brosur tersebut menurut Eva dijelaskan apa saja hal yang harus dilakukan ketika pengguna jasa sebagai korban pelecehan maupun sebagai saksi.mata adanya pelecehan seksual yang terjadi. "Harusnya dilaporkan kepada petugas, bukan hanya merekam dan memviralkan. Ini yang kita edukasikan," tutur Eva lagi.

Baca juga: Marak Kasus Pelecehan di KRL, Ini yang Dilakukan PT KCI

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya