Pencarian 7 Korban Hilang Akibat Longsor Brebes Dihentikan, Begini Alasannya

Korban longsor Brebes 11 orang meninggal, 7 hilang, dan 4 dirawat di rumah sakit

Brebes, IDN Times - Operasi pencarian, penyelamatan, dan evakuasi korban longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akhirnya dihentikan oleh tim SAR gabungan.

1. Pencarian tujuh korban hilang dihentikan

Pencarian 7 Korban Hilang Akibat Longsor Brebes Dihentikan, Begini AlasannyaBNPB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, sesuai prosedur, pencarian korban bencana berlangsung selama tujuh hari. 

"Sebab lebih dari tujuh hari korban hilang diperkirakan kondisinya sudah rusak dan dapat membahayakan petugas SAR," ujar Sutopo, Rabu (28/2).

Korban longsor Brebes hingga Rabu (28/2) 11 orang meninggal dunia, tujuh hilang, dan empat masih dirawat di rumah sakit.

2. Keluarga korban hilang menyetujui pencarian dihentikan

Pencarian 7 Korban Hilang Akibat Longsor Brebes Dihentikan, Begini AlasannyaBNPB

Tujuh ahli waris korban bencana tanah longsor yang masih hilang di Desa Pasir Panjang telah menyepakati penghentian pencarian. 

Kesepakatan tersebut diambil setelah mereka melakukan musyawarah tertutup dengan Basarnas, Dandim, Kapolres, BPBD dan Bupati Brebes, Rabu (27/2/2018) petang. 

"Para ahli waris korban telah mengikhlaskan korban tidak ditemukan," ujar Sutopo.

3. Terhambat medan berat

Pencarian 7 Korban Hilang Akibat Longsor Brebes Dihentikan, Begini AlasannyaBNPB

Sebanyak 400 personel gabungan dari TNI, Polri, Basarnas, BPBD, PMI, relawan, dan beberapa unsur lain kembali ke tempat masing-masing pada Kamis (28/2) siang. Selanjutnya BPBD Kabupaten Brebes mengoordinir aparat, relawan, dan masyarakat secara terbatas membersihkan material longsor yang membahayakan warga.

"Beratnya medan area longsor yang memiliki ketebalan hingga 20 meter dan luas serta faktor cuaca hujan menghambat pencarian korban longsor. Pencarian korban tidak optimal karena faktor alam," kata Sutopo.

Baca juga: 11 Korban Longsor di Brebes Ditemukan Meninggal, 7 Lainnya Masih Hilang

4. Bencana longsor kembali terjadi

Pencarian 7 Korban Hilang Akibat Longsor Brebes Dihentikan, Begini AlasannyaBNPB

Sementara, bencana longsor kembali terjadi di Jawa Tengah, yaitu Blok Lempang Dusun Reco, Desa Reco, Kecamatan Kertek, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, pada Kamis (28/2) pukul 08.45 WIB.

Longsor terjadi pada saat cuaca cerah. Namun, kebun berada pada lahan dengan kemiringan lereng cukup terjal dan tanaman semusim.

5. Satu orang tertimbun longsor

Pencarian 7 Korban Hilang Akibat Longsor Brebes Dihentikan, Begini AlasannyaBNPB

Sutopo mengisahkan, saat itu dua petani yang bekerja di kebun sedang beristirahat di bawah pohon bambu. Tiba-tiba terdengar suara gemuruh, mereka berusaha menyelamatkan diri. Satu orang berhasil meloloskan diri, Arifin (26) dan satu orang tertimbun longsor, Nugroho Harianto (25).

Aparat BPBD, TNI, Polri, Muspika, serta dibantu relawan dan masyarakat mengevakuasi korban. Pada pukul 14.00 WIB korban berhasil dievakuasi dalam kondisi meninggal dunia.

Sementara, data Kementerian Sosial tercatat ada sembilan korban yang masih hilang akibat tanah longsor di Brebes.

Baca juga: 9 Korban Longsor Brebes Masih Pencarian, 36 Rumah Rusak Berat

Topik:

Berita Terkini Lainnya