9 Korban Longsor Brebes Masih Pencarian, 36 Rumah Rusak Berat

Pembangunan jembatan dinilai amat mendesak

Brebes, IDN Times - Kementerian Sosial menyalurkan bantuan kepada korban longsor Brebes, Jawa Tengah, senilai Rp1.139.232.150. Termasuk di antaranya bantuan mobil dapur umum lapangan senilai Rp523.435.000.

1. Sembilan korban longsor masih dalam pencarian

9 Korban Longsor Brebes Masih Pencarian, 36 Rumah Rusak BeratBNPB

Data Kemensos terkini menunjukkan, tanah longsor menyebabkan 11 orang meninggal dunia, sembilan orang dalam pencarian, 12 orang luka-luka, serta 36 unit rumah rusak berat.

2. Mensos dorong Pemkab Prebes membangun jembatan rusak

9 Korban Longsor Brebes Masih Pencarian, 36 Rumah Rusak BeratBNPB

Menteri Sosial Idrus Marham mendorong pemerintah Kabupaten Brebes segera membangun jembatan di atas sungai Cigunung, dekat kawasan longsor Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Jembatan tersebut akan menghubungkan pusat-pusat ekonomi yang memacu pekonomian masyarakat wilayah tersebut.

"Jembatan akan membantu menggerakkan ekonomi masyarakat yang terganggu karena longsor. Jadi, pembangunan jembatan cukup mendesak. Saya minta ibu Bupati bisa merealisasikannya dalam waktu tanggap darurat ini," kata Idrus saat meninjau lokasi longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, Selasa (27/2).

Idrus menjelaskan lokasi longsor berada di antara Bumiayu dan Banjarharjo. Bila jembatan bisa terealisasi, perniagaan warga yang semula tersendat akan kembali bangkit, terutama akses menuju Banjarharjo yang menjadi nadi perekonomian warga.

"Jangan dianggarkan dalam APBD tahun depan, bu. Dalam periode tanggap bencana ini bisa dilakukan. Jadi segera ibu menginventarisir masalahnya dan diajukan anggarannya. Nanti DPR yang memiliki kewenangan penyusunan anggaran, bisa membantu," kata Idrus kepada Bupati Brebes Idza Priyanti.

Baca juga: Longsor di Brebes, 11 Orang Hilang

3. Keselamatan warga jadi prioritas

9 Korban Longsor Brebes Masih Pencarian, 36 Rumah Rusak BeratBNPB

Idrus menyebutkan sudah beberapa kali di wilayah tersebut dilanda bencana. Namun, soal wacana relokasi masih perlu pengkajian, agar jangan sampai pemindahan permukiman menimbulkan masalah baru. 

"Intinya, keselamatan warga tentu menjadi prioritas kami. Namun, semuanya harus melalui kajian yang cermat. Jangan sampai kebijakan yang kami buat menimbulkan masalah baru bagi rakyat. Jadi sangat perlu ada kajian mendalam untuk melahirkan solusi permanen untuk rakyat," kata dia.

4. Studi kelayakan tengah dilakukan

9 Korban Longsor Brebes Masih Pencarian, 36 Rumah Rusak BeratBNPB

Pada kesempatan yang sama, Bupati Brebes Idza Priyanti menyatakan jembatan yang rusak tersebut merupakan jalan provinsi. 

"Kami di kabupaten sudah memperbaiki bagian-bagian yang menjadi kewenangan kabupaten. Untuk jembatan sedang dilakukan studi kelayakan, sebab kondisi tanah masih bergerak, sehingga belum bisa dilakukan pekerjaan fisik. Intinya kami sangat memahami kebutuhan rakyat," kata Idza. 

Terkait wacana relokasi korban longsor ke tempat yang lebih aman, Idza juga memilih menunggu kajian yang sedang dilakukan pihak terkait.

Sebelumnya, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan, korban meninggal dunia akibat longsor di Brebes ada 11 orang, dan tujuh lainnnya masih dalam proses pencarian.

Baca juga: 11 Korban Longsor di Brebes Ditemukan Meninggal, 7 Lainnya Masih Hilang

Topik:

Berita Terkini Lainnya