11 Korban Longsor di Brebes Ditemukan Meninggal, 7 Lainnya Masih Hilang

Tim SAR gabungan juga menemukan bagian tubuh korban di sungai

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 11 orang ditemukan meninggal pada hari keempat proses pencarian korban longsor di Desa Pasir Panjang, Kecamatan Salem, Kabupaten Brebes, masih dilakukan Tim SAR gabungan.

1. Sebanyak 7 korban lainnya masih hilang

11 Korban Longsor di Brebes Ditemukan Meninggal, 7 Lainnya Masih Hilang BNPB

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebukan, selain 11 orang ditemukan meninggal, tujuh korban lainnya masih dalam pencarian.

"Berdasarkan laporan dari Posko Tanggap Darurat Bencana Longsor di Brebes, hingga saat ini terdapat 11 korban meninggal dunia, tujuh orang hilang belum ditemukan, empat orang masih dirawat di rumah sakit dan puskesmas, dan empat orang selamat yang sebelumnya dilaporkan hilang," ujar Sutopo dalam keterangan tertulisnya, Minggu (25/2). 

2. Penemuan anggota tubuh korban di sungai

11 Korban Longsor di Brebes Ditemukan Meninggal, 7 Lainnya Masih Hilang BNPB

Selain itu, Sutopo menjelaskan, tim SAR juga menemukan bagian tubuh korban yang masih dilakukan identifikasi oleh Tim DVI Polri. Bagian tubuh itu ditemukan di Sungai Cikarae pada Jumat (23/2) dan Sabtu (24/2).

"Penemuan anggota tubuh ditemukan di Sungai Cikarae," ujar dia.

Baca juga: 2 Mahasiswa IPB Tenggelam saat Aksi Bersih-Bersih Sungai Ciapus

3. Tim SAR gabungan sebanyak 400 orang dikerahkan

11 Korban Longsor di Brebes Ditemukan Meninggal, 7 Lainnya Masih Hilang BNPB

Hari ini 400 personel tim SAR gabungan dikerahkan untuk melakukan pencarian korban. Tim terdiri dari TNI, Polri, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Badan SAR Nasional (Basarnas), Palang Merah Indonesia (PMI), Tagana, relawan, dan masyarakat melakukan pencarian korban longsor.

"Lima alat berat dikerahkan membantu pencarian korban. Komandan Kodim 0713/Brebes selaku Komandan Tanggap Darurat Bencana Longsor Brebes terus memimpin percepatan evakuasi korban," kata Sutopo.

4. Penanganan darurat banjir di Kabupaten Brebes terus dilakukan

11 Korban Longsor di Brebes Ditemukan Meninggal, 7 Lainnya Masih Hilang BNPB

Sutopo mengatakan penanganan darurat banjir di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes terus dilakukan, meski sebagian besar banjir telah surut. Saat ini banjir masih merendam lahan pertanian dan beberapa permukiman. 

"Transportasi darat baik kendaraan maupun keret api sudah dapat berjalan. 

Sebanyak 350 personel dari TNI, Polri, BPBD, Balai Besar Sungai Cisanggarung Kementerian PU, relawan, dan masyarakat melakukan karya bakti dengan fokus memperbaiki tanggul Sungai Cisanggarung yang jebol," kata dia. 

Sutopo menyebutkan di Dukuk Kalibuntu, Desa Bojongsari, tanggul jebol sepanjang 60 meter dan lebar enam meter. Sedangkan di Dukuh Babakan Desa Bojongsari sepanjang 25 meter lebar enam meter," kata dia. 

"Tiga korban banjir di Kecamatan Losari Kabupaten Brebes telah ditemukan semua yaitu Mutiah (50) warga Desa Bojongsari, Ani (32) warga Desa Bojongsari, dan Nita (8) warga Desa Kecipir.

5. Pengungsi korban banjir sudah kembali ke rumah

11 Korban Longsor di Brebes Ditemukan Meninggal, 7 Lainnya Masih Hilang BNPB

Untuk pengungsian, kata Sutopo, saat ini sudah kembali ke rumah masing-masing. Air yang menggenang sudah surut. Kepala BNPB Willem Rampangilei telah hadir di lokasi bencana dan memberikan arahan percepatan penanganan bencana di Brebes. 

Menurut Sutopo BNPB juga terus memberikan bantuan kepada BPBD, baik pendanaan, logistik dan manajerial dalam penanganan darurat. Dana siap pakai Rp 300 juta telah disalurkan kepada BPBD Brebes untuk operasional darurat. Begitu juga bantuan logistik.

Sutopo mengimbau agar masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan menghadapi banjir dan longsor. BMKG telah memberikan peringatan dini bahwa tiga hari ke depan potensi hujan akan meningkat. 

"Kondisi tanah sudah jenuh air, sehingga mudah terjadi banjir dan longsor. Siapkan antisipasi sejak dini. Siapkan tas darurat yang berisi pakaian, selimut, makanan, minuman, obat, senter, dan lainnya yang dapat dibawa saat darurat bencana," Sutopo menambahkan.

Baca juga: Longsor di Brebes, 11 Orang Hilang

Topik:

Berita Terkini Lainnya