2 Mahasiswa IPB Tenggelam saat Aksi Bersih-Bersih Sungai Ciapus

Kedua mahasiswa sedang mengikuti LDK Masjid Al Hurriyyah IPB

Jakarta, IDN Times - Dua mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) meninggal setelah tenggelam di Sungai Ciapus, Jalan Lengkeng, Kampus IPB Dramaga, Bogor.

1. Tenggelam akibat terjatuh ke sungai

2 Mahasiswa IPB Tenggelam saat Aksi Bersih-Bersih Sungai CiapusIDN Times/Sukma Shakti

Kepala Biro Komunikasi IPB Yatri Indah Kusumastuti menyebutkan kedua mahasiswa tersebut sebelumnya terjatuh ke Sungai Ciapus, hingga keduanya tenggelam di sungai.

"Dua mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) meninggal dunia setelah sebelumnya mengalami musibah terjatuh dan tenggelam di kali Ciapus di Jalan Lengkeng, Kampus IPB Dramaga, Bogor, Minggu (25/2)," ujar Yatri saat dikonfirmasi IDN Times, Minggu (25/2).

Kedua mahasiswa tersebut adalah M Dandi Firdaus, mahasiswa angkatan 54 Program Peningkatan Kompetensi Umum/PPKU dengan program studi Teknik Sipil dan Lingkungan. Satu lainnya adalah M Fadli Zikri, mahasiswa Departemen Ilmu Komputer, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Angkatan 52.

Baca juga: Longsor di Brebes, 11 Orang Hilang

2. Kedua mahasiswa sedang mengikuti LDK Masjid Al Hurriyyah IPB

2 Mahasiswa IPB Tenggelam saat Aksi Bersih-Bersih Sungai CiapusIDN Times/Sukma Shakti

Kedua mahasiswa tersebut meninggal saat mengikuti kegiatan up grading Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Masjid Al Hurriyyah IPB, yang berlangsung sejak Sabtu (24/2). 

Acara up grading diakhiri dengan aksi bersih-bersih sungai Ciapus, dan kedua mahasiswa tersebut turut dalam aksi tersebut. Saat aksi bersih-bersih berlangsung, ada barang bawaan Fadli terjatuh ke sungai dan Fadli berusaha mengambil barang tersebut, namun sayang ia terpeleset dan jatuh ke sungai. 

"Melihat Fadli terjatuh, Dandi berusaha menolong. Namun sayang, keduanya tenggelam di sungai yang cukup dalam tersebut," kata Yatri.

3. Kejadian ini segera dilaporkan ke pihak kampus dan kepolisian

2 Mahasiswa IPB Tenggelam saat Aksi Bersih-Bersih Sungai CiapusIDN Times/Sukma Shakti

Sekitar pukul 12.30 WIB, salah satu peserta kegiatan LDK Al Hurriyyah melaporkan kejadian itu ke Kantor Unit Keamanan Kampus (UKK) IPB Kemudian pihak UKK IPB segera berkoordinasi dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Dramaga, untuk mencari kedua korban ke lokasi kejadian.

Pihak UKK IPB beserta warga sekitar dan mahasiswa serta tim dari Polsek Dramaga membantu proses pencarian korban. Korban ditemukan pada pukul 14.20 WIB tidak jauh dari tempat korban terpeleset.

Menggunakan mobil patroli UKK IPB dan mobil patroli Polsek Dramaga, kedua korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Karya Bakti Pratiwi (KBP) yang lokasinya tak jauh dari kampus IPB Dramaga. Namun, nyawa kedua korban tak tertolong.

"IPB telah melakukan komunikasi dengan pihak keluarga kedua korban untuk penanganan jenazah.
 Seluruh keluarga besar IPB menyatakan duka yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya dua mahasiswa tersebut. Semoga amal baik keduanya diterima di sisi-Nya dan keluarga yang ditinggalkan diberikan kesabaran dan keikhlasan," papar Yatri.

Baca juga: LIPI Buat Alat Pendeteksi Longsor, Begini Cara Kerjanya

Topik:

Berita Terkini Lainnya