Kapolri Ingatkan Tiga Hal Ini untuk Diwaspadai Masyarakat Saat Natal dan Tahun Baru

Terorisme, mudik dan harga pangan

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengimbau kepada masyarakat mewaspadai tiga hal menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Pertama, waspadai terorisme. Polisi terus bekerja, kita tidak ingin sampai kecolongan. Kita lakukan langkah-langkah seperti penangkapan, pendekatan secara soft dan lain-lain," kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Selasa (12/12).

Baca juga: Jelang Libur Natal dan Tahun Baru, Ini Persiapan Pemerintah dan Aparat Keamanan

Kapolri Ingatkan Tiga Hal Ini untuk Diwaspadai Masyarakat Saat Natal dan Tahun BaruIDN Times/Indiana Malia

Tito juga meminta masyarakat untuk mewaspadai arus mudik dan arus balik. Mengingat liburan panjang dapat menyebabkan terjadinya migrasi arus mudik. Sejauh ini, polisi telah melakukan rapat dengan berbagai stake holder. 

"Yang menjadi masalah mungkin tol Gringsing yang sekarang dalam perbaikan. Otomatis masyarakat akan menggunakan jalur pantura. Ini yg dimaksimalkan nantinya. Kita minta masyarakat tidak berbondong-bondong mudik," imbuhnya.

Hal ketiga yang harus diwaspadai adalah melonjaknya harga pangan. Menurut Tito,  pada musim perayaan, tingkat permintaan pangan meninggi, seperti beras, minyak, gula, dan bahan baku lainnya.

Kapolri Ingatkan Tiga Hal Ini untuk Diwaspadai Masyarakat Saat Natal dan Tahun BaruANTARA FOTO/Asep Fathulrahman

Guna stabilitasi harga pangan, lanjut Tito, pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementan, Kemenperin, Bulog, dan Satgas Pangan di semua wilayah Polda dan Polres.

"Sejauh ini supply bahan pokok cukup. Permasalahannya mungkin di proses distribusi, yaitu pemain kartel. Nah ini saya minta lakukan pendekatan kepada asosiasi pedagang, misalnya asosiasi gula atau beras. Dengan demikian, para pedangan tidak mengambil keuntungan berlebihan yang mengakibatkan terjadinya inflasi," paparnya.

Baca juga: Saksi Ahli KLHK Berkelit Soal Revisi Peraturan Pembatalan RAPP

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya