Cegah Kanker pada Anak, Kenali 6 Gejalanya!

Deteksi dini kanker sebelum terlambat!

Jakarta, IDN Times - Kanker merupakan penyakit tidak menular (PTM) kedua tertinggi, setelah penyakit jantung. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun berisiko terserang kanker jika tak lekas dideteksi sejak dini.

Kepala Instansi Anak RS Kanker Dharmais Haridini Intan mengatakan, ada enam jenis kanker yang sering diderita anak-anak. Leukimia menjadi penyakit kanker tertinggi yang menyerang anak-anak. 

"Ketika orangtua menemukan gelaja-gejala mencurigakan pada anak, sebaiknya segera bawa ke dokter," kata Intan di Kementerian Kesehatan, Jakarta, Kamis (15/2).

1. Leukimia

Cegah Kanker pada Anak, Kenali 6 Gejalanya!redeomegadrogarias.com

Leukimia adalah penyakit keganasan sel darah yang berasal dari sumsum tulang. Letaknya di bagian dalam tulang dan merupakan pabrik sel darah merah, sel darah putih, dan keping darah.

Penyakit Leukimia ditandai dengan penekanan sel-sel darah putih yang abnormal terhadap sel darah normal, yang mengakibatkan fungsinya terganggu.
 
"Gejalanya mulai dari keluhan demam, anak gak napsu makan, pucat, hingga nyeri pada tulang," ujar Intan.

2. Retinoblastoma

Cegah Kanker pada Anak, Kenali 6 Gejalanya!medicalnewstoday.com

Retinoblastoma adalah tumor ganas primer pada mata yang dijumpai pada bayi dan anak usia 1-5 tahun. Penyakit tersebut dapat menyebabkan kebutaan hingga kematian.

"Apabila ada gejala berupa manik mata putih atau mata kucing, segera periksakan ke dokter. Saat masa imunisasi, sebaiknya orangtua sekalian memeriksakan mata anak. Saat ini Puskesmas sudah bisa dijadikan rujukan pertama," kata Intan.

Baca juga: Pasien Terus Bertambah, Kemenkes Genjot Deteksi Dini Kanker

3. Kanker Tulang

Cegah Kanker pada Anak, Kenali 6 Gejalanya!medicalnewstoday.com

Intan menyebutkan anak biasanya merasakan nyeri tulang pada malam hari atau setelah beraktivitas jika terkena kanker tulang. Selain itu, terjadi pembengkakan, kemerahan, dan terasa hangat pada daerah yang nyeri.

Anak juga merasakan demam, cepat lelah, berat badan turun, dan wajah pucat. Kanker tulang sering ditemukan pada tulang paha, tulang kering, tulang lengan atas, tulang rahang bawah atau kepala, dan tulang panggul.

4. Kanker Neuroblastoma

Cegah Kanker pada Anak, Kenali 6 Gejalanya!uchicagomedicine.org

Itan mengataan kanker Neuroblastoma adalah tumor embrional dari sistem saraf simpatis yang berasal dari cikal bakal jaringan saraf. Gejalanya adalah terjadi pendarahan di sekitar mata dan mata menonjol, nyeri tulang, diare, gangguan fungsi kencing dan usus.

5. Kanker Limfoma Malignum

Cegah Kanker pada Anak, Kenali 6 Gejalanya!bloodmed.com

Kanker Limfoma Malignum atau lebih dikenal kelenjar getah bening adalah suatu keganasan primer jaringan getah bening yang bersifat padat. Penyakit ini ditandai dengan pembengkakan kelenjar getah bening di leher, ketiak, pangkal paha tanpa rasa nyeri.

Selain itu juga sesak napas, penyumbatan saluran pencernaan, demam, lesu, dan napsu makan berkurang. 

6. Kanker Karsinoma Nasofaring

Cegah Kanker pada Anak, Kenali 6 Gejalanya!redeomegadrogarias.com

Kanker Karsinoma Nasofaring adalah tumor ganas di daerah antara hidung dan tenggorokan. Ditandai dengan ingus bercampur darah, pilek, air ludah kental, hidung tersumbat, mimisan, tuli sebelah, telinga berdengung, hingga gangguan penglihatan.

"Apa pun jenis kankernya, terpenting adalah kenali sejak dini," Intan megimbau.

Baca juga: Targetkan 5 Juta Pemeriksaan Kanker, Ini Kendala yang Dihadapi Kemenkes

Topik:

Berita Terkini Lainnya