Bisa Jadi Koleksi, Ini Prangko Edisi Khusus Asian Games 2018

Yuk dikoleksi, karena hanya dicetak terbatas lho!

Jakarta, IDN Times - PT. Pos Indonesia bersama Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta meresmikan sekaligus meluncurkan prangko edisi khusus Asian Games 2018 di Kantor Pos Jakarta, Kamis (15/2).

Peluncuran prangko khusus ini sebagai bentuk dukungan pemerintah menyukseskan pesta olahraga terbesar di Asia yang akan digelar di Jakarta dan Pelembang pada Agustus hingga September mendatang.

"Dengan mempromosikan event tersebut kami menerbitkan prangko seri Asian Games," ujar Kepala regional 4 Jakarta, Pupung Purnama.

1. Perangko dengan pesan kebangsaan

Bisa Jadi Koleksi, Ini Prangko Edisi Khusus Asian Games 2018IDN Times/Helmi Shemi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menilai prangko edisi Asian Games ini memiliki makna pesan kebangsaan yang besar dalam sejarah Indonesia sebagai penyelenggara event olahraga akbar se-Asia itu.

"Prangko edisi Asian Games ini punya makna yang besar. Karena ini peristiwa bersejarah dan prangko ini memiliki pesan kebangsaan dan keindonesiaan,” ujar Anies.

Baca juga: Menlu Retno: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

2. Hanya dicetak terbatas

Bisa Jadi Koleksi, Ini Prangko Edisi Khusus Asian Games 2018IDN Times/Helmi Shemi

Seri prangko yang diterbitkan bergambar 11 dari 42 cabang olahraga yang akan diperlombakan di ajang Asian Games 2018. Seri prangko tersebut terdiri dari mini sheet sebanyak 40.000 set, souvenir sheet sebanyak 15.000 set, sampul hari pertama 1.500 set dan edisi khusus 2.000 set.

Untuk minisheet akan ada cabang olahraga renang, sepakbola, badminton, renang indah, basket, wushu, judo, basket, atletik. Souvernir sheet terdiri dari pancak silat dan bola voli.

3. Bisa dibeli di mana?

Bisa Jadi Koleksi, Ini Prangko Edisi Khusus Asian Games 2018IDN Times/Helmi Shemi

Kamu bisa membeli prangko edisi khusus untuk jenis minisheet, souvenier dan sampul hari pertama di setiap kantor pos besar di seluruh Indonesia. Sedangkan kemasan edisi khusus hanya dapat diperoleh di Jakarta dan Palembang.

4. Asian Games 2018 bukan semata event milik Jakarta dan Palembang

Bisa Jadi Koleksi, Ini Prangko Edisi Khusus Asian Games 2018IDN Times/Helmi Shemi

Anies meminta agar PT. Pos Indonesia bisa mengkampanyekan prangko edisi khusus ini.

“Saya pesan kepada pihak Kantor Pos dan seluruh perkumpulan filateli Indonesia agar serius mengkampanyekan prangko ini, dengan mengirimkannya ke seluruh indonesia dan bawa pesan bahwa ini bukan event Jakarta dan Palembang saja, ini event seluruh Indonesia dan Asia,” kata Anies.

5. Banyaknya variasi perangko olahraga

Bisa Jadi Koleksi, Ini Prangko Edisi Khusus Asian Games 2018IDN Times/Helmi Shemi

Pupung  menambahkan dengan adanya perangko edisi Asian Games ini akan menambah variasi prangko olahraga yang biasanya banyak diminati masyarakat.

Penerbitan seri prangko Asian Games kali ini merupakan yang kedua setelah terbit kali pertama pada 56 tahun yang lalu. Kala itu, Indonesia menerbitkan seri prangko menyambut Asian Games ke-IV Tahun 1962 dengan gambar Atlet Tenis Meja Wanita dengan 4 (empat) warna, biru laut, biru langit, biru hitam (blue black) dan (putih) dengan nilai Rp10.

“Prangko ini akan menjadi koleksi yang akan diburu para filateli dan dapat menjadi media pembelajaran dan penambah wawasan yang menarik karena perangko Asian Games terakhir 56 tahun lalu di Indonesia,” tandas Pupung.

Baca juga: Begini Persiapan Dishub DKI Hadapi Asian Games 2018

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya