Menlu Retno: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

Wah, jadi gak sabar jelang Asian Games 2018

Jakarta, IDN Times – Asian Games 2018 segera digelar pada Agustus mendatang. Indonesia merasa terhormat menjadi tuan rumah pesta olah raga se-Asia yang akan dihadiri oleh lebih dari 20 negara itu. Ini merupakan kali kedua Indonesia menjadi tuan rumah setelah tahun 1962 lalu. 

Oleh sebab itu, Menlu Retno Marsudi mengajak Duta Besar negara sahabat untuk melihat kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games. Bisa dikatakan Asian Games turut dimanfaatkan pemerintah untuk menunjukkan kemajuan ekonomi kepada negara tetangga. Apa saja isi kegiatan yang digelar pada Minggu (11/02) di Gelora Bung Karno:

1. Asian Games ajang menjalin persahabatan

Menlu Retno: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018IDN Times/Teatrika Putri

Salah satu cara yang dipilih oleh Kemlu untuk mempererat persahabatan yakni dengan melakukan diplomatic walk. Menlu Retno Marsudi bahkan menyebut Asian Games bukan sekedar menampilkan semangat berkompetisi tetapi juga mempererat persahabatan dengan negara lain. 

“Asian games dapat juga digunakan sebagai ajang untuk menjalin persahabatan,” kata Retno, di Gelora Bung Karno, Senayan.

Menurutnya, persahabatan yang dibalut pesta olah raga di dalam konteks dunia juga semakin penting.

2. Indonesia siap jadi tuan rumah

Menlu Retno: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018IDN Times/Teatrika Putri

Melalui acara diplomatic walking, Retno sekaligus ingin memamerkan kepada perwakilan negara sahabat perkembangan kesiapan Indonesia menjadi tuan rumah. Apalagi fasilitas yang akan dibangun tidak sekedar mencakup olah raga saja, tetapi juga transportasi. 

“Tolong sampaikan ke negara kalian, bahwa Indonesia sudah siap mendapatkan dukungan untuk Asian Games 2018, dan biarkan kita menyalakan energi,” ujar Retno dalam sambutannya.

Mantan Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Belanda itu menyebut semangat yang dilahirkan dari Asian Games, juga mencerminkan semangat Asia. 

3. Indonesia mengundang negara di Asia untuk datang

Menlu Retno: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018IDN Times/Teatrika Putri

Ajang Asian Games turut dimanfaatkan Indonesia untuk meningkatkan kunjungan turis ke Tanah Air. Oleh sebab itu, Retno tidak hanya mengajak para atlet dan pejabat negara asing berkunjung ke Indonesia, namun juga warga lainnya ke acara Asian Games. Acara tersebut digelar pada 18 Agustus - 2 September. 

"Kami mengundang terutama negara-negara Asia, untuk mengirimkan atlet, kemudian mengirimkan officialsnya, dan mungkin juga pejabat-pejabatnya untuk hadir dalam Asian Games ini,” kata dia. 

Topik:

Berita Terkini Lainnya