Begini Persiapan Dishub DKI Hadapi Asian Games 2018

Ada ide untuk meliburkan sekolah, kamu setuju?

Jakarta, IDN Times – Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta menyiapkan dua jenis bus untuk mengangkut para atlet mancanegara yang akan berlaga di Asian Games 2018. Kedua jenis bus itu adalah Minitrans dan Transroyal.

Selain bus, Dishub DKI juga mempersiapkan beberapa hal lainnya, yakni mengatur waktu mengantar para atlet yang akan bertanding.

1. KPI antar atlet tepat waktu

Begini Persiapan Dishub DKI Hadapi Asian Games 2018IDN Times/Sukma Shakti

Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Sigit Wijatmoko mengatakan Dishub DKI memiliki Key Performance Indicator (KPI) untuk mengantar atlet dari hotel ke venue mereka bertanding dalam waktu 34 menit.

“Kita punya kewajiban memenuhi KPI waktu tempuh mengantarkan atlet ke venue hanya 34 menit,” kata Sigit di Balai Kota Jakarta, Rabu (14/2).

Baca juga: Mati Listrik Saat Test Event Asian Games, Ini Penyebabnya

2. Waktu tempuh masih 60 menit

Begini Persiapan Dishub DKI Hadapi Asian Games 2018IDN Times/Sukma Shakti

Meski dituntut untuk mengantar atlet dalam waktu 34 menit, kenyatannya menurut Sigit waktu tempuh tertinggi untuk mengantar atlet masih 60 menit untuk 8 cabang olahraga dan 12 negara. Waktu 60 menit itu didasarkan pada kondisi lalu lintas normal tanpa rekayasa.

“Ini test event kita harus perhitungkan sampai situasi terburuk, artinya pas di hari Senin saat traffic sedemikian tinggi, 60 menit ini kita bisa capai waktu tempuhnya,” ucapnya.

3. Liburkan anak sekolah

Begini Persiapan Dishub DKI Hadapi Asian Games 2018uad.ac.id

Ide untuk meliburkan sekolah menjadi pertimbangan Dishub untuk memangkas waktu dari 60 menjadi 34 menit mengantar para atlet. Dengan meliburkan sekolah, lanjut Sigit setidaknya dapat mengurangi 30 persen kemacetan saat pelaksanaan Asian Games.

“Makanya kemarin kita sampaikan kenapa gak saat gelaran Asian Games sekolah dliburkan. Karena memang perhitungan kami perjalanan itu 30 persen dari anak sekolah baik orangtua yang mengantarkan anaknya atau perjalanan anak sekolah itu sendiri. Jadi di satu sisi membantu meringankan untuk situasi kemacetan yang ada karena ini bisa juga menumbuhkan semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air,” jelasnya.

Baca juga: Menlu Retno: Indonesia Siap Jadi Tuan Rumah Asian Games 2018

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya