11 Pasar Jadi Target Percepatan Revitalisasi Sandiaga

Termasuk pasar blok G Tanah Abang dan pasar Senen

Jakarta, IDN Times – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno ingin mempercepat revitalisasi pasar-pasar tradisional. Pasalnya menurut Sandi ada penyertaan modal sejak tahun 2013 yang belum terserap dengan optimal.

“Jadi kami mendorong agar penyerapannya bisa ditingkatkan sehingga lahan usaha bagi para pedagang kecil terutama pedagang kecil mandiri, pedagang mikro, bisa hadir dan ini tempat-tempatnya sangat strategis lokasinya di 153 lokasi pasar tradisional,” kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/1).

Baca juga: Sandiaga Didatangi KPK terkait Gratifikasi?

1. Fokus 11 dari 153 pasar yang akan direvitalisasi

11 Pasar Jadi Target Percepatan Revitalisasi SandiagaANTARAFOTO/Galih Pradipta

Ada 11 pasar yang menjadi target prioritas revitalisasi dari total 153 pasar di Jakarta. Yakni pasar Senen Blok 6, Tanah Abang blok G, Senen blok 3, Jembatan Merah, Sinar, Cawang Kavling, Bidadari, Karet Belakang, Gang Kancil, Sumurbatu dan Petojo Enclek.

“Jadi yang direvitalisasi bukan 153 ya. 153 itu total jumlah pasar. Itu (11 pasar) sangat menjadi prioritas, Tanah Abang blok G yang juga jadi trending topic menjadi prioritas, Senen blok 3, Jembatan Merah,” terang Sandiaga

2. Pembangunan fasilitas transportasi di pasar

11 Pasar Jadi Target Percepatan Revitalisasi SandiagaANTARAFOTO/Galih Pradipta

Sandiaga ingin fokus pembangunan, salah satunya diarahkan ke pembangunan berbasis transportasi. Ia merujuk pada lonjakan pengguna kereta di Tanah Abang yang disebutnya mencapai 150 -300 ribu penumpang.

“Karena seperti kita lihat di Tanah Abang, lonjakan pengguna kereta yang sekarang mendekati antara 150 ribu sampai 300 ribu. Itu yang mengakibatkan dari segi yang disebut sebagai impulsive buying di pasar tradisional terutama PD Pasar Jaya harus mampu untuk menangkap peluang tersebut,” jelasnya.

3. Usaha PD Pasar Jaya berubah menjadi PT

11 Pasar Jadi Target Percepatan Revitalisasi Sandiagapasarjaya.co.id

Dalam penataan pasar, Sandiaga telah berbicara dengan Dirut PD Pasar Jaya Arief Nasrudin. Salah satu yang diusulkan PD Pasar Jaya adalah agar mereka lebih fleksibel untuk bergerak lebih cepat, untuk mengubah dan usahanya dari PD menjadi PT.

“Tadi Pak Arief sudah hadir bersama jajarannya dan kami sudah memberikan arahan agar revitalisasi pasar tradisional dipercepat. Salah satu yang diusulkan oleh PD Pasar Jaya adalah agar mereka lebih fleksibel untuk bergerak lebih cepat, adalah mengubah dan usahanya dari PD menjadi PT. Ini yang sekarang lagi dikaji oleh BP BUMD,” papar Sandiaga.

Baca juga: Sandiaga Pastikan Lomba Renang Lawan Menteri Susi di Danau Sunter

 

 

 

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya