Sandiaga Didatangi KPK terkait Gratifikasi?

Di antaranya gratifikasi dari BJ Habibie

Jakarta, IDN Times - Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mendapat kunjungan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini, untuk membahas laporan dugaan gratifikasi. Sandiaga mengaku sudah tiga bulan terakhir rutin melaporkan gratifikasi yang ia dapatkan.

“Kami kehadiran KPK tadi di ruang rapat wakil gubernur mengenai laporan gratifikasi yang sudah kami berikan selama tiga bulan terakhir,” kata Sandiaga di Balai Kota Jakarta, Kamis (4/1).

Apa saja gratifikasi yang dilaporkan Sandiaga?

1. Jaket dari BJ Habibie

Sandiaga Didatangi KPK terkait Gratifikasi?IDN Times/Helmi Shemi

Rabu 25 Oktober 2017 saat mengunjungi Presiden ke-3 RI BJ Habibie di kediamannya  Jalan Patra Kuningan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno masing-masing mendapat jaket bomber pesawat R80.

“Memberikan klarifikasi mulai dari jaket yang diberikan oleh Pak Habibie. Ternyata itu sekarang menjadi milik negara, karena setelah kami laporkan sudah keluar surat keputusannya SK (surat keputusan) nya. Bahwa ini jaket, yang kemarin sempat hits yang saya diberikan sama Pak Anies, karena kami mendukung R80, ini diserahkan kepada negara,” jelas Sandiaga.

Baca juga: Agar Bibir Tak Pecah-pecah, Wakil Gubernur Sandiaga Uno Pakai Lips Balm

2. Sandiaga dapat lebih dari 12 barang gratifikasi

Sandiaga Didatangi KPK terkait Gratifikasi?IDN Times/Helmi Shemi

Suami Nur Asia Uno ini mengaku menerima dan telah melaporkan ke KPK lebih dari 12 barang, 11 barang di antaranya sedang diverifikasi. Sandiaga mengaku kadang ada tamu yang sengaja meninggalkan barang di mejanya.

“Ada yang berbentuk gift dari tamu-tamu yang datang beraudiensi di sini, tapi masih dilengkapi data-datanya. Karena tadi KPK meminta klarifikasi: Siapa yang memberikan, tanggal berapa diberikannya. Sekarang sih sudah bisa termonitor siapa yang masuk keluar di ruang wakil Gubernur, tapi di dua minggu pertama itu sama sekali tidak termonitor. Karena temen-temen media tahu sendiri siapa aja bisa masuk waktu itu di rumah gubernur,” kata Sandiaga. 

3. KPK sempat kasih saran ke Sandiaga

Sandiaga Didatangi KPK terkait Gratifikasi?IDN Times/Helmi Shemi

Dalam keunjungan itu, Sandiaga mengungkapkan, KPK sempat memberikan masukan kepada Komite Pencegahan Korupsi (Komite PK) yang diresmikannya Rabu kemarin, 3 Januari.

“KPK juga memberikan masukan Komite Pencegahan Korupsi dan kami akan berkoordinasi dengan Pak Bambang (Ketua Komite PK) untuk mulai meng-kick off program pencegahan korupsi di BUMD, termasuk juga air minum,” ujar Sandiaga.

Baca juga: Begini Reaksi Sandiaga Uno Seandainya Jennifer Dunn Anak Kandungnya

Topik:

Berita Terkini Lainnya