Maju di Pilkada Jateng, Sudirman Said Optimis Kalahkan Ganjar Pranowo

Ada 6 calon wakil gubernur yang berminat

Jakarta, IDN Times - Bakal calon Gubernur Jawa Tengah yang diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional (PAN), Sudirman Said menyebutkan sudah ada enam nama calon yang mengajukan untuk bisa mendampingi dirinya di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Jawa Tengah. 

Baca juga: Koalisi 3 Partai Politik Ini Umumkan Nama Cagub dan Cawagub untuk Pilkada 2018 

1. Berasal dari politikus dan tokoh agama

Maju di Pilkada Jateng, Sudirman Said Optimis Kalahkan Ganjar PranowoANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Para calon yang dimaksud oleh mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) tersebut, berasal dari Politikus hingga tokoh agama di Provinsi Jawa Tengah. 

Di antaranya, Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PKB Jawa Tengah Yusuf Chudlori yang juga pengasuh pondok pesantren Tegalrejo. 

Selain itu, ada juga mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah Rustriningsih yang masuk dalam bursa daftar calon wakil gubernur pendamping Sudirman. Selanjutnya, kader Golkar yang Arianti Dewi. 

"Dari Rembang muncul sejumlah nama. Putra KH Maimoen Zubair, Gus Yasin jugaa muncul. Terakhir ada Gus (Majid) Kamil. Gus (Abdul) Ghofur juga sempat disebut," kata Sudirman di kawasan Blok M, Jakarta Selatan, Selasa (2/1).

Baca juga: 'Duo Dedi' Akan Ramaikan Pilkada Jawa Barat 

2. Ini syaratnya jadi pendamping Sudirman Said

Maju di Pilkada Jateng, Sudirman Said Optimis Kalahkan Ganjar PranowoANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Meskipun telah mendapat mandat dari Partai pendukungnya untuk memilih calon pendampingnya sendiri, Sudirman Said mengaku tidak ingin mendahului dan tetap melakukan diskusi kepada partai pengusungnya untuk memilih calon yang tepat untuk dirinya.

"Sekarang ini tiga partai memberikan mandat kepada saya untuk memilih wakil yang tepat. Sebagai orang yang datang buka dari politik, sampai disini saya sangat bersyukur,"jelasnya.

Baca juga: "Jangan Sampai karena Pilkada Kita Tak Rukun dengan Tetangga"

Maju di Pilkada Jateng, Sudirman Said Optimis Kalahkan Ganjar PranowoIDN Times/Fitang Adhitia

Sudirman juga menyebutkan pendampingnya kelak harus memiliki integritas, kapabilitas, elektabilitas dan mempunyai kesamaan visi dan nilai-nilai idealisme yang kuat untuk membangun Jawa Tengah.

"Kandidat harus memiliki kriteria tersebut. Integritas menjadi hal yang utama, kapabilitas, elektabilitas dan kecocokan yang isinya lebih kepada visi, nilai-nilai idealisme dan semangat untuk membangun Jawa Tengah secara bersama-bersama,"terangnya.

Serta, tambahnya, para kandidat harus memiliki akar kebudayaan yang kuat di Jawa Tengah. Sehingga tahu permasalahan dihadapi kecdepannya.

"Sebagai calon Gubernur saya ingin menambah 2 item, idealnya calon itu memiliki akar budaya yang cukup yang kuat di Jawa Tengah, dan secara kualitatif harus melengkapi satu sama lain," jelasnya.

Baca juga: Jelang Pemilu dan Pilkada, KPK Minta Pejabat Laporkan Harta Kekayaan

3. Optimiskan kalahkan Ganjar Pranowo 

Maju di Pilkada Jateng, Sudirman Said Optimis Kalahkan Ganjar PranowoIDN Times/Fitang Adhitia

Sudirman Said mengaku sangat optimis untuk bisa mengalahkan Ganjar Pranowo di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Tengah. Ia menyebutkan bukan ingin mengalahkan sang petahana, namun ingin memenangkan hati masyarakat Jawa Tengah.

"Harus optimis dong. Kalau optimis gak akan melangkah. Dan sekali lagi bukan basa-basi, saya datang ke Jawa Tengah bukan mengalahkan. Saya mau memenangkan masyarakat Jawa Tengah," terangnya.

Baca juga: Jaga Netralitas, Bawaslu Siapkan Peraturan Pilkada

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya