Diplomasi Kopi Ala Jokowi: Bangun Kebersamaan Hingga Promosi di Negeri Orang

Melalui kopi, Jokowi yakin gagasan cemerlang bermunculan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko Widodo Jokowi belakangan ini gencar mempromosikan kopi asli asal Indonesia di setiap kunjungan kerjanya, baik di dalam maupun luar negeri. Jokowi selalu memiliki cara unik dalam mempromosikan kopi asal Indonesia.

1. Jokowi tanamkan budaya cinta kopi

Diplomasi Kopi Ala Jokowi: Bangun Kebersamaan Hingga Promosi di Negeri OrangTwitter/@KSPgoid

Menteri Sekretariat Kabinet Negara Pramono Anung mengatakan hal itu setelah Presiden Jokowi melakukan kunjungan kerja ke New Zealand pekan lalu, yang topik utamanya membahas soal kopi Tanah Air.

"Sebenarnya ada beberapa hal yang dimaksud oleh Presiden. Karena memang dalam kurun waktu kurang lebih 6-8 bulan ini Presiden sangat concern terhadap perkembangan industri kopi. Dan bahkan dalam Ratas-Ratas dan Sidang Kabinet dan juga ada tamu-tamu negara, itu Presiden sekarang menyiapkan suvenirnya berupa kopi," ujar Pramono Anung yang dikutip dari situs resmi Setkab.

2. Jokowi ingin kopi Indonesia dikenal dunia

Diplomasi Kopi Ala Jokowi: Bangun Kebersamaan Hingga Promosi di Negeri OrangTwitter/@KSPgoid

Pada kunjungan kerja di New Zealand, kata Pramono, Presiden Jokowi memperkenalkan kopi asli asal Papua kepada negara tersebut. Bukan tanpa sebab pastinya, karena Jokowi tahu Papua menjadi isu yang hangat di negara tersebut.

Presiden Jokowi diketahui selalu membawa kopi di setiap kunjungan kerjanya ke luar negeri. Alasannya, tentu untuk mempromosikan hasil kopi nusantara tersebut kepada negara lain, agar mau kerja sama untuk mensejahterakan petani kopi Tanah Air.

"Kopi Aceh. Jadi pada waktu ke Middle East, kopi Aceh. Tamu-tamu negara biasanya antara kopi yang dari Jawa Barat, kopi Aceh, kopi Toraja secara berganti-ganti semuanya mendapatkan kesempatan yang sama untuk itu," ungkap Pramono.

Baca juga: Deretan Koleksi Sepatu Gaul Presiden Jokowi, dari Warna Merah sampai Abu-abu

3. Kopi memiliki nilai ekonomi yang tinggi

Diplomasi Kopi Ala Jokowi: Bangun Kebersamaan Hingga Promosi di Negeri OrangTwitter/@KSPgoid

Pramono mengatakan Jokowi melihat ada peluang besar terhadap kopi asli Tanah Air, untuk bisa berjaya di kancah internasional, karena Indonesia merupakan salah satu negara terbaik penghasil kopi dunia.

"Jadi yang pertama adalah kopi, yang kedua adalah ekonomi, yang ketiga di dalam kopi itu ada kebersamaan. Sehingga ada kebersamaan, ada dialog, ada sharing, ada saling berbagi. Orang minum kopi itu kan bisa bicara A sampai Z dan sebenarnya itu adalah salah satu akar budaya dan kekuatan kita," kata politikus PDIP itu.

4. Presiden Jokowi ternyata belum lama jadi pecinta kopi

Diplomasi Kopi Ala Jokowi: Bangun Kebersamaan Hingga Promosi di Negeri OrangTwitter/@KSPgoid

Menurut Pramono, Presiden Jokowi baru delapan bulan ini aktif minum kopi setelah memilih minum teh sebelumnya. Presiden kemudian dalam setiap kesempatan rapat terbatas bersama menteri-menterinya selalu menyuguhkan kopi karena Jokowi merasa lebih banyak gagasan yang bisa disampaikan, setelah meminum secangkir kopi.

"Ada pojok kopi dan inilah yang kemudian menjadi kita lebih akrab, termasuk bagi para menteri. Mereka akan mempunyai kesempatan untuk pesan black coffee, cappucino, coffee latte, dan bermacam kopi yang intinya adalah ada kebersamaan di situ," terang dia.

5. Ternyata ada juga menteri yang sebelumnya tidak suka jadi pecinta kopi

Diplomasi Kopi Ala Jokowi: Bangun Kebersamaan Hingga Promosi di Negeri OrangTwitter/@KSPgoid

Dari situlah, kata Pramono, sekarang ini banyak menteri Kabinet Kerja yang sebelumnya tidak suka minum kopi sekarang menjadi pecinta kopi, karena suguhan dari sang Kepala Negara itu.

"Mbak Puan termasuk minum teh. Sekarang minum (kopi) ya minimal mbak Puan minumnya adalah cappuccino dan coffee latte. Ini membuat ambience dan juga suasana yang lebih akrab di antara kita. Karena dulu yang minum kopi sendiri, minum teh sendiri, yang air putih sendiri, sekarang mingle semuanya," tutur Pramono.

Baca juga: Jalan Santai di Kebun Raya Bogor, Ini Obrolan Jokowi dengan Airlangga

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya