Ini Cara Menghitung Jumlah Peserta Aksi Damai 212 Monas!

Ada dua versi perhitungan ternyata.

Hanya karena dianggap tidak akurat dalam menyebutkan jumlah peserta aksi damai Jumat (2/12) lalu, seorang jurnalis Metro TV diusir saat melakukan peliputan. Dia menyebut jumlah peserta aksi hanya sekitar 50 ribu. Padahal, versi peserta, jumlah mereka ratusan ribu, bahkan lebih dari satu juta orang.

Kemudian, Gerakan Nasional Pengawal Fatwa MUI (GNPF-MUI) sebagai salah satu inisiator aksi memprediksi jumlahnya mencapai 7,5 juta orang. Dengan jumlah begitu banyak, tentu tak ada satu pun orang yang bisa menebak dengan pasti berapa jumlah peserta. Namun, beberapa orang mencoba melakukan kalkulasi dengan berbagai teori.    

Menggunakan citra satelit.

Ini Cara Menghitung Jumlah Peserta Aksi Damai 212 Monas!Saptono/ANTARA FOTO

Dikutip dari Jawapos.com, melalui citra satelit, Muhammad Firmansyah Kasim melakukan penghitungan jumlah peserta demo 212. Dari hasil citra jarak jauh tersebut akan diketahui berapa luasan area yang digunakan untuk aksi tersebut.

Baca juga: Di Mana Ahok saat Aksi Super Damai 212 Berlangsung?

Diubah dalam satuan pixel.

Ini Cara Menghitung Jumlah Peserta Aksi Damai 212 Monas!Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Area yang menjadi lokasi demo kemudian diubah dalam satuan pixel. Dengan metode itu, setiap 100 meter persegi dinilai setara dengan 7056 pixel. Hasilnya, didapatkan luas area mencapai 178.244 pixel.

Dibagi dengan jumlah orang.

Ini Cara Menghitung Jumlah Peserta Aksi Damai 212 Monas!Prasetyo Utomo/ANTARA FOTO

Tahap terakhir adalah membagi pixel keseluruhan dengan jumlah orang di setiap meter persegi. Dia mengasumsikan setiap meter persegi bisa diisi dua hingga tiga orang yang sedang salat berjamaah. Hasilnya, jika setiap meter persegi ditempati dua orang, maka jumlah peserta aksi berjumlah 505.227 orang. Namun, jika berpatokan tiga orang tiap meter persegi, jumlah peserta mencapai 757.840 orang.

Menggunakan Google Map.

Ini Cara Menghitung Jumlah Peserta Aksi Damai 212 Monas!Sigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Metode kedua adalah menggunakan pengukuran Google Map. Cara ini dilakukan oleh Republika.co.id. Pada aksi yang dilakukan 4 November 2016 lalu, Republika sempat menghitung bahwa jumlah peserta mencapai 3,2 juta orang. Republika kemudian mendasarkan perhitungan jumlah peserta aksi 212 pada klaim GNPF-MUI.

Sampai saat ini, pihak GNPF-MUI tetap menyebut kalau jumlah peserta aksi 212 dua kali lebih banyak dari aksi 411 atau sekitar 6,4 juta orang. Jadi, berapa jumlah asli peserta aksi damai 212?

Baca juga: Khawatir Aksi 212, Kedubes AS Peringatkan Warganya Jauhi Lokasi Demo

Topik:

Berita Terkini Lainnya