Khawatir Aksi 212, Kedubes AS Peringatkan Warganya Jauhi Lokasi Demo

Mereka juga menutup layanan konsuler

Kedutaan Besar Amerika di Jakarta mengimbau agar warganya menjauhi area aksi damai 2 Desember 2016 di lapangan Monumen Nasional. Selain itu, mereka juga diminta berhati-hati jika menemui sekumpulan orang yang sedang melakukan demonstrasi serupa di manapun. Kedutaan Besar Amerika mendasarkan imbauan mereka pada laporan berbagai media yang melaporkan adanya demonstrasi besar di Jakarta Pusat, terutama sekitar area Monas. "Ada kemungkinan aksi serupa juga terjadi di beberapa kota lain di seluruh Indonesia," demikian bunyi keterangan tertulis Kedutaan Besar Amerika Serikat seperti dikutip dari situs resmi mereka Kamis (1/12).   

Beberapa jalan akan ditutup.

Khawatir Aksi 212, Kedubes AS Peringatkan Warganya Jauhi Lokasi DemoTempo.co

Rilis itu menyebutkan bahwa beberapa jalan di Jakarta seperti Jalan Medan Merdeka Selatan dan Timur akan ditutup sepanjang hari. Pihak berwenang memperkirakan kemacetan lalu lintas akan terjadi di sekitar wilayah itu.

Menutup layanan konsuler.

Khawatir Aksi 212, Kedubes AS Peringatkan Warganya Jauhi Lokasi DemoSindonews.com

Akibatnya, adanya penutupan, Kedutaan memutuskan untuk menutup layanan konsuler di Jakarta pada hari Jumat. Namun, layanan darurat bagi warga negara AS akan tersedia. Letak Kedubes Amerika Serikat yang berada di Jalan Merdeka Selatan memang cukup dekat dengan pusat aksi di lapangan Monas. 

Baca juga: Aksi 212 Berimbas ke Perjalanan Kereta, Ini Rekayasa Keberangkatannya

Peringatkan adanya kemungkinan rusuh.

Khawatir Aksi 212, Kedubes AS Peringatkan Warganya Jauhi Lokasi DemoHafidz Mubarak/ANTARA FOTO

Kedutaan Besar Amerika mengatakan bahwa aksi yang direncanakan damai bisa berubah konfrontatif dan meningkat menjadi kekerasan. Bahkan, bukan tak mungkin akan disusupi beberapa kelompok ekstrimis.

Aksi dijaga ketat TNI dan Polri.

Khawatir Aksi 212, Kedubes AS Peringatkan Warganya Jauhi Lokasi DemoSigid Kurniawan/ANTARA FOTO

Meskipun begitu, warga Amerika Serikat di Indonesia tak perlu terlalu khawatir, sebab pemerintah Indonesia sudah menyiapkan ribuan personil baik dari Kepolisian maupun TNI untuk menjaga aksi tersebut. Kedutaan Amerika juga menginformasikan kepada warganya bahwa aksi damai akan dimulai pada pukul 08.00 WIB hingga 13.00 WIB. Namun, berkaca pada aksi sebelumnya, tak menutup kemungkinan demonstrasi akan berlangsung hingga sore hari.

Baca juga: Tak Puas, Pedemo Kembali Adakan Aksi Anti Ahok 2 Desember Nanti!

Topik:

Berita Terkini Lainnya