Empat Panelis Ini Siap Uji Program Cagub dan Cawagub DKI

Debat resmi pertama dimulai malam nanti

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta telah resmi menentukan empat panelis yang akan menjadi penilai calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jakarta. Mereka akan beradu program dan kinerja hari ini, Jumat (13/1) di Hotel Bidakara, Jakarta. Keempat panelis, dilansir Kompas.com, telah dipilih dari kalangan profesional dan akademisi. Keempatnya pun harus berintegritas, jujur, simpatik, dan tidak memihak kepada salah satu pasangan cagub-cawagub.

Siapa keempat panelis itu?

Dari dosen sampai pengamat.

Empat Panelis Ini Siap Uji Program Cagub dan Cawagub DKIHafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

Pertama adalah Sosiolog Imam B Prasodjo. Imam berprofesi sebagai dosen di Universitas Indonesia. Dia mengajar di Departemen Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Imam juga aktif menulis berbagai karya ilmiah.

Adapun panelis kedua adalah Dekan Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negeri Jakarta, Aceng Rahmat. Aceng juga merupakan guru besar bidang Ilmu Pendidikan Bahasa Fakultas Bahsa dan Seni UNJ.

Empat Panelis Ini Siap Uji Program Cagub dan Cawagub DKIWidodo S Jusuf/ANTARA FOTO

Panelis ketiga adalah Yayat Supriatna. Yayat adalah dosen sekaligus pengamat perkotaan. Yayat mengajar Tenik Planologi, Fakultas Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan di Universitas Trisakti. Yayat pun menjabat sebagai Sekjen Ikatan Ahli Perencanaan Indonesia.

Terakhir, adalah Direktur Institue for Development of Economics and Finance (INDEF) Enny Sri Hartati. Enny tercatat sempat jadi dosen Fakultas Ekonomi Universitas Trisakti. Saat itu, Enny mengajar dari 1996 sampai 2011. Enny pun mengisi seminar dan talk show di media elektronik.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Sebelum Memilih, Yuk Kenalan Dulu dengan Calon Gubernur DKI Jakarta!

Pertanyaan telah disiapkan oleh panelis.

Empat Panelis Ini Siap Uji Program Cagub dan Cawagub DKIHafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

Komisioner KPU DKI Jakarta, Betty Epsilon Idroos menyebut kalau pihaknya tidak tahu menahu soal detil materi debat terbuka cagub dan cawagub nantinya. Dikutip dari Sindonews.com, materi debat disebut sebagai kewenagan panelis. Betty menyebut pihaknya telah bertemu keempat panelis dan sepakat kalau soal akan sesuai dengan tema yang disiapkan KPU.

Bank soal telah siap dan dikemudian dibawakan oleh moderator debat dalam bentuk pertanyaan. Moderator yang telah dipilih sesuai Surat Keputusan KPU DKI Nomor 03/Kpts/KPU-Prov-010-2017 tentang Penetapan Panelis dan Moderator Debat Publik/Debat Terbuka, adalah Dwi Noviratri Koesno atau sering disapa Ira Koesno. Ira adalah Direktur Ira Koesno Communication. Dirinya juga sempat berkarier sebagai jurnalis.

Ira Koesno yang akan membacakan atau menyampaikan bank soal panelis kepada Agus-Sylvi, Ahok-Djarot dan Anies-Sandiaga. 

Debat hari ini adalah yang pertama dari tiga debat oleh KPU. Dua debat lainnya adalah 27 Januari dan 10 Februari 2017. Debat perdana kali ini akan mengambil tema “Pembangunan Sosial Ekonomi untuk Jakarta”.

Baca Juga: Pandangan Para Cagub DKI Tentang Debat yang Akan Dijalani!

Topik:

Berita Terkini Lainnya