Ini Pandangan Para Cagub DKI Tentang Debat yang Akan Dijalani Besok!

Siapkah Agus, Ahok dan Anies?

Jumat, 13 Januari mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta akan menggelar debat pertama kandidat calon Gubernur DKI Jakarta. Debat perdana ini akan pertemukan ketiga calon di Hotel Bidakara, Jakarta. KPU dan tim panelis pun sudah menentukan tema debat tersebut.

Komisioner KPU DKI Jakarta menyebut kalau konsep debat kali ini adalah dialog untuk pendalaman gagasan, ide dan visi-misi program calon dengan cara menjawab pertanyaan dan menanggapi pernyataan. Dahli pun menyebut kalau pihaknya akan berfokus pada persoalan yang jadi perhatian masyarakat. Nah, bagaimana yang pandangan dan persiapan ketiga calon Gubernur DKI Jakarta?

Agus anggap blusukan atau gerilya lebih penting daripada debat.

Ini Pandangan Para Cagub DKI Tentang Debat yang Akan Dijalani Besok!Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO

Kepada Tempo.co, Calon Gubernur nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono mengaku bahwa debat adalah acara yang ditujukkan sebagai bentuk komitmen para calon untuk beradu gagasan. Namun, baginya, debat hanya bagian dari kampanya yang terbatas, sehingga tak banyak yang bisa didalami. Baginya, yang terpenting itu gerilya di lapangan agar bisa menyentuh hati dan pikiran masyarakat secara langsung.

Tidak ada persiapan, karena program Ahok-Djarot sudah dijalankan dan mereka punya kinerja.

Ini Pandangan Para Cagub DKI Tentang Debat yang Akan Dijalani Besok!Hafidz Mubarak A/ANTARA FOTO

Diberitakan Kompas.com, tim pemenangan pasangan Basuki Tjahja Purnama alias Ahok dan Djarot Syaiful Hidayat, Yorrys Raweyai menyebut kalau pasangan calon nomor urut 2 itu gak banyak persiapan. Ahok dan Djarot menurutnya sudah lama memimpin Jakarta sehingga pengalaman keduanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Menurut Yorrys, debat ini akan lebih ke pertunjukkan hasil karya Ahok-Djarot. Keduanya sudah punya hasil dan program yang membangun Jakarta. Sementara, pasangan Agus-Sylvi dan Anies-Sandiaga masih berbicara 'akan'.

Baca Juga: Megawati dan Prabowo Siap Turun Gunung Menangkan Calonnya di Pilkada DKI, SBY Kapan?

Anies: Kalau debat hanya soal program, maka lebih baik pilih program, bukan Gubernur.

Ini Pandangan Para Cagub DKI Tentang Debat yang Akan Dijalani Besok!M Agung Rajasa/ANTARA FOTO

Berbeda dari Ahok dan Agus, calon urutan tiga, Anies Baswedan lebih memilih menjadi 'diri sendiri'. Tidak ada persiapan khusus dari Anies maupun Sandi karena debat kali ini dianggap bukan hanya program, tapi banyak hal. Menurut Anies, para juri dan masyarakat akan menilai program, kompetensi, pengalaman dan rencan calon. 

Menurutnya jika orang-orang berfokus pada program, maka kegiatan ini bukan memilih Gubernur dan Wakilnya, melainkan pemilihan program semata. Anies juga menyebut kalau debat adalah sebuah kesempatan publik menilai orang. Nantinya, masyarakat, menurut Anies akan menilai bagaimana cari berpikir, menyelesaikan masalah, menghadapi masalah, sampai menawarkan solusi untuk masyarakat Jakarta. Debat ini adalah kegiatan pertama dari tiga yang sudah dijadwalkan KPU. Debat kedua dan ketiga akan dilangsungkan pada 27 Januari serta 10 Februari 2017.

Baca Juga: [INFOGRAFIS] Sebelum Memilih, Yuk Kenalan Dulu dengan Calon Gubernur DKI Jakarta!

Topik:

Berita Terkini Lainnya