Ratusan Rumah Rusak Digoyang Gempa Hari Ini

Gempa juga menyebabkan enam pelajar terluka

Jakarta, IDN Times - Gempa dengan kekuatan 6,1 Skala Richter (SR) menggoyang wilayah Jakarta dan sekitarnya pada pukul 13.34 WIB.

BMKG mencatat pusat gempa berada di Samudera Hindia dengan kedalaman 64 km, sekitar 43 km barat daya Kabupaten Lebak, Banten.

Meski tidak berpotensi memicu tsunami, namun getaran gempa terasa hingga ke Jakarta, Banten, Lampung, Jawa Barat, hingga Jawa Tengah. Kepanikan pun sempat menyergap warga yang berada di gedung perkantoran.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat gempa berlangsung selama sekitar 5-15 detik tersebut menyebabkan ratusan rumah yang berdiri di sejumlah daerah terdampak gempa mengalami kerusakan.

1. Ratusan rumah di Banten rusak

Ratusan Rumah Rusak Digoyang Gempa Hari IniIDN Times/Humas BNPB

Banten agaknya menjadi daerah paling terdampak gempa. BNPB mencatat setidaknya ada 115 rumah rusak akibat gempa ini. Tak hanya itu, satu Masjid dan Puskemas juga dilaporkan mengalami kerusakan.

Baca juga: Ini 3 Penjelasan BMKG tentang Gempa Hari Ini

2. Rumah rusak tersebar di berbagai daerah  

Ratusan Rumah Rusak Digoyang Gempa Hari IniIDN Times/Humas BNPB

Selain di Banten, gempa juga menyebabkan sejumlah rumah di wilayah lain mengalami kerusakan, seperti di Sukabumi, Megamendung, Cijeruk, hingga Kecamatan Caringin.

3. Enam pelajar terluka berat

Ratusan Rumah Rusak Digoyang Gempa Hari IniIDN Times/Humas BNPB

Sebanyak enam pelajar dari SMK Tenggeung, Cianjur, mengalami luka-luka setelah tertimpa genteng sekolah mereka yang runtuh akibat gempa. Selain itu, dua siswa lain juga dikabarkan mengalami luka ringan. Namun tidak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Baca juga: Diguncang Gempa Hari Ini, Korban BEI di RS Jakarta Makin Trauma


 

Topik:

Berita Terkini Lainnya