Ini 3 Penjelasan BMKG tentang Gempa Hari Ini

Masyarakat diimbau tetap tenang

Jakarta, IDN Times - Gempa berekuatan 6,1 Skala Richter (SR) yang berpusat di wilayah Lebak, Banten, mengguncang hingga wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa tektonik yang terjadi pukul 13.34 WIB itu terjadi di wilayah Samudera Hindia Selatan Jawa.

1. Mengguncang Banten, Jakarta, dan Bogor

Ini 3 Penjelasan BMKG tentang Gempa Hari IniGoogle Map

Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang berada di koordinat 7,23 Lintang Selatan dan 105,9 Bujur Timur itu berlokasi 61 Km di kedalaman laut, atau 43 Km arah selatan Kota Muarabinuangeun, Kabupaten Cilangkahan, Propinsi Banten.

"Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG menunjukkan, bahwa dampak gempa bumi berupa guncangan berpotensi dirasakan di daerah Jakarta, Tangerang Selatan, Bogor, II SIG-BMKG (IV-V MMI)," ujar Kepala Pusat Gempa bumi dan Tsunami BMKG Moch Riyadi dalam keterangan tertulisnya, Selasa (23/1). 

Baca juga: Gempa 6,4 SR Goyang Jakarta, Pegawai Balai Kota DKI Berhamburan

2. Termasuk gempa bumi berkedalaman dangkal 

Ini 3 Penjelasan BMKG tentang Gempa Hari IniIDN Times/Fitang Adhitia

Riyadi mengatakan gempa bumi selatan Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi berkedalaman dangkal, akibat aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia ke bawah Lempang Eurasia. 

"Hingga pukul 13.46 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock)," ujar dia. 

3. Masyarakat diimbau tetap tenang 

Ini 3 Penjelasan BMKG tentang Gempa Hari IniIDN Times/Fitang Adhitia

Kepada masyarakat di sekitar wilayah Kabupaten Cilangkahan, Riyadi mengimbau, agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Sebab gempa ini tidak berpotensi terjadinya tsunami, namun tetap waspada.

Baca juga: Diguncang Gempa Hari Ini, Korban BEI di RS Jakarta Makin Trauma

Topik:

Berita Terkini Lainnya