Telan Belasan Korban, Polisi Musnahkan 20 Ribu Botol Miras Oplosan

Miras-miras tersebut merupakan karya home industri.

Surabaya, IDN Times - Makin bertambahnya korban yang berjatuhan akinat minuman keras (miras) membuat Polrestabes Surabaya bertindak tegas. Kepolisian langsung menggelar deklarasi anti miras bersama 23 Polsek dan 31 Kecamatan se-Surabaya. Selain itu, Polrestabes juga memusnahkan hasil operasi tumpas semeru selama 10 hari.

1. Sebanyak 20.075 botol miras oplosan dimusnahkan

Telan Belasan Korban, Polisi Musnahkan 20 Ribu Botol Miras OplosanIDN Times/Ardiansyah Fajar

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan mengatakan operasi tumpas semeru ini merupakan wujud perhatian kepolisian terhadap maraknya peredaran miras di Kota Pahlawan. Hasilnya, sebanyak 20.075 botol miras oplosan disita dan sekarang dimusnahkan di Mapolres Surabaya.

"Miras ini dari 452 kasus di Surabaya. Kita sudah melakukan penegakan hukum terhadap peminumnya yaitu dengan melakukan tipiring tindak pidana ringan sebanyak 497 orang," ujarnya, Rabu (25/4). Sejauh ini, ada 15 korban tewas di Surabaya akibat menenggak miras oplosan.

Baca juga: Miras Oplosan Tewaskan 3 Orang, Polisi Ciduk Penjual

2. Produk miras oplosan di Surabaya seluruhnya home industri

Telan Belasan Korban, Polisi Musnahkan 20 Ribu Botol Miras OplosanIDN Times/Ardiansyah Fajar

Rudi menambahkan, untuk miras oplosan di Surabaya seluruhnya memang produksi home industri alias rumahan. Mekanismenya dengan bermodalkan air kemudian dicampur alkohol. "Kami melakukan terobosan penegakan hukum yaitu toko kimia produsen kimia yang menjual. Nanti juga ini ada Disperindag yang mengurusi penegakan hukum apabila diketahui mereka menjual bahan secara ilegal," jelasnya.

3. Korban tewas akibat miras punya riwayat sakit

Telan Belasan Korban, Polisi Musnahkan 20 Ribu Botol Miras OplosanIDN Times/Ardiansyah Fajar

Rudi juga mengomentari korban meninggal akibat miras oplosan saat ini masih ditelusuri lebih lanjut. Menurutnya ada korban yang memang mempunyai riwayat sakit lama kemudian ikut minum lantas meninggal. "Ada juga yang minum beberapa hari lalu, terus kemarin meninggal. Ini tentunya menjadi sorotan kami dan kepolisian akan terus mengidentifikasi kasus ini," pungkasnya.

Baca juga: Korban Miras Oplosan di Surabaya Sudah Mencapai 13 Orang

 

 


Topik:

Berita Terkini Lainnya