Penuhi Syarat, KPU Tetapkan Dua Pasangan Pilkada Jatim

Sah, tinggal kalian tentukan pilihan

Surabaya, IDN Times - Komisi Pemilihan Umum Jawa Timur (KPU Jatim) menggelar rapat pleno terbuka penetapan paslon cagub dan cawagub Jatim di Kantor KPU Jatim, Senin (12/2). Rapat pleno dipimpin langsung Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito. KPU Jatim menyampaikan bahwa sudah melakukan sesuai prosedur baik mulai dari proses penelitian, penelitan perbaikan, pemberkasan, pendaftaran hingga penetapan.

1. Hasil penelitian KPU Jatim, Gus Ipul- Puti dan Khofifah-Emil penuhi syarat 

Penuhi Syarat, KPU Tetapkan Dua Pasangan Pilkada Jatim IDN Times/Ardiansyah Fajar

Eko Sasmito mengatakan, pasangan calon cagub dan cawagub Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elistianto Dardak memenuhi syarat. Begitu pula paslon Saifullah Yusuf (Gus Ipul) dan Puti Guntur Soekarno yang dipastikan sesuai syarat untuk Pilkada Jatim. 

"KPU Jatim mengumumkan, kedua paslon telah memenuhi penelitian perbaikan dan telah mendaftar. Khofifah-Emil status memenuhi syarat. Gus Ipul-Puti status memenuhi syarat," ujarnya, Senin (12/2).

2. Setelah ditetapkan, besok lanjut pengundian nomor urut paslon

Penuhi Syarat, KPU Tetapkan Dua Pasangan Pilkada Jatim IDN Times/Ardiansyah Fajar

Komisioner KPU Jatim, Muhammad Arbayanto mengatakan besok (13/2) pukul 13.00 WIB, dilakukan pengundian nomor urut di Hotel Mercure Surabaya. Arba menyarankan kepada semua paslon agar membawa massa sesuai kuota yang sudah disediakan yakni 75 orang setiap paslon.

"Apabila kuota membludak sebaiknya berkoordinasi dengan pihak keamanan. Kami tidak menanggung yang ada di luar Hotel Mercure, karena memang keterbatasan tempat," ujar dia.

Baca juga: "Dik Dilan" hingga "Satria Madura" Ini Program Unggulan Gus Ipul-Puti

3. Dukungan terhadap kedua pasangan cukup berimbang

Penuhi Syarat, KPU Tetapkan Dua Pasangan Pilkada Jatim IDN Times/Sukma Shakti

Khofifah-Emil sendiri telah didukung oleh Partai Demokrat, Hanura, Nasdem, Golkar, PPP, PAN, serta satu partai non parlemen yakni, PKP. Adapun Gus Ipul-Puti sudah didukung oleh PKB, PDIP, PKS, serta Gerindra. 

Baca juga: Warung Elektronik Gotong Royong, Program Khofifah untuk Warga Pedesaan

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya