"Dik Dilan" hingga "Satria Madura" Ini Program Unggulan Gus Ipul-Puti

Ini berat, kamu gak akan kuat, biar Gus Ipul aja ~

Surabaya, IDN Times- Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Soekarno akhirnya membocorkan lima program kerja unggulannya. Kelima program tersebut diklaim mampu meningkatkan akselerasi pembangunan di Provinsi Jawa Timur. Menariknya, kelima program kerja yang dibocorkan Gus Ipul ini mempunyai lima nama yang unik, simak lima program kerja berikut:

1. Dik Dilan

Dik Dilan hingga Satria Madura Ini Program Unggulan Gus Ipul-PutiIlustrasi/psfoutreach.com

Pada Jumat (9/2) lalu Gus Ipul menyempatkan diri untuk nonton film yang lagi melejit, "Dilan" di Grand City Surabaya. Dari sinilah ini terbersit membuat ide program bernama "Dik Dilan" yang mempunyai kepanjangan Pendidikan Digratiskan Berkelanjutan.

"Dik Dilan" dianggap Gus Ipul bakal mengembalikan lagi pendidikan gratis untuk masyarakat Jatim. Dengan program ini, Gus Ipul-Puti bertekad untuk menggratiskan pendidikan tingkat SMA/SMK yang kini dikelola oleh pemerintah provinsi (pemprov). Pemprov Jatim sendiri mengalokasikan Rp 1,4 Trillun untuk mendukung seluruh operasional SMA/SMK tanpa dibebankan ke peserta didik.

2. Satria Madura

Dik Dilan hingga Satria Madura Ini Program Unggulan Gus Ipul-Putizainudinamali.com

Program yang memiliki kepanjangan Satu Trilliun untuk Pulau Madura ini dianggarkan khusus demi akselarasi pembangunan di Madura. Program ini akan memberikan anggaran tambahan sebesar Rp 1 trilliun per tahun yang dibagi secara proporsional untuk empat kabupaten yang ada.

Anggaran ini akan menambah anggaran lain yang selama ini sudah diberikan. "Fokus pemanfaatannya adalah akselerasi pembangunan infrastruktur, investasi bidang ekonomi dam peningkatan aksesbilitas layanan pendidikan kesehatan," ujar Gus Ipul.

3. Tebar Jala Pansel

Dik Dilan hingga Satria Madura Ini Program Unggulan Gus Ipul-Putijakrev.com

Gus Ipul-Puti Soekarno juga mengaku memperhatikan kawasan selatan Jatim. Maka dari itu, paslon ini mempunyai miliki program "Tebar Jala" atau Pusat Ekonomi Baru Jalur Selatan. Gus Ipul-Puti memandang ada gap yang cukup besar antara kawasan pantura dengan pantai selatan. Sehingga sirkulasi kurang merata untuk perekonomian di Jatim.

Baca juga: Kunjungi Co-Working Space, Ini Janji Gus Ipul untuk Pelaku Startup

Pembangunan Jalan Lintas Pantai Selatan (Pansel) juga jadi prioritas. Keduanya ingin menuntaskan pembangunan serta membuat pusat ekonomi yang difokuskan untuk bidang pariwisata dan daerah penyangga ekonomi agro. Tujuannya membuka koridor lokasi daerah pantai selatan Jatim agar tumbuh sejejar dengan pantura.

4. Desa Cemara

Dik Dilan hingga Satria Madura Ini Program Unggulan Gus Ipul-Putithebinde.com

Desa Cerdas Maju Sejahtera (Cemara) menjadi program keempat yang diluncurkan paslon Gus Ipul-Puti. Program ini bertujuan untuk memastikan pelayanan bisa dilakukan di tingkat desa. Sasarannya, sebanyak 5.674 desa dan 2.827 kelurahan.

"Kota akan memberikan suplemen dana antara Rp 50-60 juta. Pemanfaatannya untuk bantuan perangkat keras dan pelatihan SDM (sumber daya manusia). Komitmen anggaran Rp 700 miliar di tahun pertama, nanti bisa terus naik tahun berikutnya," katanya.

5. Madin Plus

Dik Dilan hingga Satria Madura Ini Program Unggulan Gus Ipul-Putithefifthcolumnnews.com

"Madin plus" adalah bantuan operasional daerah untuk Madrasah Diniyah yang dijadikan program unggulan Gus Ipul-Puti. Program ini memberikan peningkatan kesejahteraan guru-guru madin. Bantuan ini nanti diberikan dalam bentuk uang yang diterima setiap tahunnya oleh guru madin.

Selain itu, ada bantuan berupa sarana prasarana yang berbasis pada jumlah siswa di madin masing-masing. "Kita ingin agar pendidikan madin semakin mapan dalam memberikan kontribusi bagi meningkatnya kualitas pendidikan agama dan akhlak generasi muda," pungkas Gus Ipul.

Baca juga: "Satria Madura", Cara Gus Ipul Pangkas Kemiskinan di Pulau Garam

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya