Kampanye di Pasar, Gus Ipul Suapi Pedagang

Suap nasi aja ya, Gus, jangan yang lain

Surabaya, IDN Times - Tak seperti kampanye sebelumnya, hari ini (13/3) Calon Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) fokus untuk berkeliling Surabaya. Ia memulai kampanyenya hari ini dari Pasar Benowo. Setibanya di pasar yang berada di Surabaya Barat ini, Gus Ipul langsung disapa oleh para pedagang.

1. Gus Ipul sarapan nasi bungkus bersama nasi pedagang

Kampanye di Pasar, Gus Ipul Suapi PedagangDok. IDN Times/Istimewa

Dalam keterangan tertulis yang diterima oleh IDN Times, Gus Ipul tak langsung masuk ke dalam pasar. Ia malah menyempatkan untuk sarapan di salah satu warung depan pasar. Dia memilih untuk makan nasi bungkus bersama pengunjung dan pedagang pasar. 

Bahkan Gus Ipul terlihat menyuapi salah seorang pedagang. "Ayo sekali-kali tak suapin," kata Gus Ipul sambil membagi nasi bungkusnya pada Sofyan (32) salah seorang pedagang.

Baca juga: Khofifah Mulai Sisir Tapal Kuda, Gus Ipul Hanya Dialog di Masjid

2. Sosialisasikan KUR pada para pedagang

Kampanye di Pasar, Gus Ipul Suapi PedagangDok. IDN Times/Istimewa

Bersama beberapa pengunjung dan pedagang pasar, Gus Ipul berdiskusi hangat sambil menikmati sarapan pagi menu nasi bungkus. Selepas sarapan, Gus Ipul lantas berkeliling dan berbincang dengan para pedagang. Ia melihat secara langsung bagaimana kondisi pasar yang dikelola swadaya oleh masyarakat ini.

Dari hasil diskusi, Gus Ipul juga mensosialisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke pedagang. "Tahun ini, ditetapkan bunga KUR 7 persen, dari sebelumnya 9 persen per tahunnya. Saya yalin ke depannya bisa lebih murah hingga 6 persen setahunnya," tuturnya.

3. Gus Ipul apresiasi pengelolaan Pasar Benowo

Kampanye di Pasar, Gus Ipul Suapi PedagangDok. IDN Times/Istimewa

Selain itu, Gus Ipul mengapresiasi tata kelola dan pembagian kawasan Pasar Benowo. Ia melihat, meski dikelola oleh masyarakat sendiri, zonasinya sudah tertata rapi. Kawasan untuk khusus pakaian, terkelompok sendiri dan terpisah dengan kelompok seperti ikan dan lain sebagainya.

"Juga yang perlu ditingkatkan untuk merevitalisasi infrastruktur pasar. Dimulai dari akses jalan, penerangan, saran dan prasarana seperti kamar mandi maupun mushola harus ditingkatkan dan diperbaiki," pungkas Gus Ipul.

Baca juga: Tingkatkan Kunjungan Millennials, Gus Ipul Wacanakan Museum Sunan Ampel

 

 

Topik:

Berita Terkini Lainnya